RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SDN
Sumbersari I
|
Kelas/
Semester
|
:
|
II/
I
|
Tema
|
:
|
3.
Tugasku sehari-hari
|
Subtema
|
:
|
1.
Tugasku sehari-hari di rumah
|
Pembelajaran
|
:
|
4.
Berbelanja ke pasar
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
4 X
35 (1 X Pertemuan)
|
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI 1
|
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
|
KI 3
|
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
|
KI 4
|
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang msencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator pencapaian Kompetensi
Muatan Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Bahasa Indonesia
|
3.3
Menentukan kosakata dan konsep tentang
lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan
sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan,
visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
|
3.3.1
Memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan ekonomi di rumah
|
4.3
Melaporkan penggunaan kosakata bahasa
Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan
geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam
bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
|
4.3.1
Menyusun kosa kata menjadi kalimat yang benar.
|
|
PPKn
|
3.1
Mengidentifikasi hubungan antara
simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
|
3.1.1
Memahami perbedaan makanan kesukaan antar individu di rumah
|
4.1
Menjelaskan hubungan gambar pada
lambang Negara dengan sila-sila Pancasila.
|
4.1.1
Mengelompokkan individu di rumah berdasarkan makanan kesukaan.
|
|
Matematika
|
3.5
Menjelaskan nilai dan kesetaraan
pecahan mata uang.
|
3.5.1 Menyebutkan
pecahan yang sesuai dengan harga barang
|
4.5
Mengurutkan nilai mata uang serta
mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan mata uang.
|
4.5.1 Menyelesaikan
masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan pecahan mata uang.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah membaca teks, siswa mampu memahami isi teks
berkaitan dengan kehidupan ekonomi di rumah dengan benar
2.
Setelah membaca teks, siswa mampu menyusun kosa kata
menjadi kalimat yang benar denga tepat.
3.
Setelah
mengamati gambar, siswa mampu memahami perbedaan makanan kesukaan antar
individu di rumah dengan benar
4.
Setelah berdiskusi, siswa mampu mengelompokkan
individu di rumah berdasarkan makanan kesukaan.
5.
Setelah mengamati benda, siswa mampu menyebutkan pecahan yang
sesuai dengan harga barang
dengan benar.
6.
Setelah
mengamati benda, siswa mampu menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari
yang berkaitan dengan pecahan mata uang. dengan benar
D.
Materi Pembelajaran
1. Menyusun
kosa kata
2. Mengelompokan
individu berdasarkan makanan kesukaan
3. Mengurutkan
barang berdasarkan harganya
E. Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Metode : - Ceramah
-
Diskusi
-
Tanya jawab
-
Permainan
F. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Nilai Karakter
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru mengucap salam
|
Religius
|
15 menit
|
2. Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
|
Religius
|
||
3. Siswa membaca teks pancasila
|
Nasionalis
|
||
4. Mengecek kehadiran siswa
|
Integritas
|
||
5. Guru mengingatkan siswa pelajaran sebelumnya
dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
|
|||
6. Guru menjelaskan cakupan materi dan tujuan
pembelajaran yang akan dipelajari hari ini
|
|||
Kegiatan
Inti
|
7. Siswa mendengarkan cerita guru tentang ‘’Siti
membantu ibu berbelanja ke pasar’’
|
Mandiri
|
110 Menit
|
8. Siswa mengamati gambar berbagai macam sayuran
dan buah di pasar.
|
Mandiri
|
||
9. Siswa
menempelkan gambar daftar belanjaan ibu
|
Mandiri
|
||
10. Siswa memasangkan gambar dengan harganya
|
Mandiri
|
||
11. Siswa
mengurutkan barang sesuai dengan harganya
|
Mandiri
|
||
12. Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang penjumalahan pecahan mata uang
|
Mandiri
|
||
13. Siswa mengerjakan LK 1
|
Mandiri
|
||
14. Siswa membacakan hasil pekerjaannya di depan kelas
|
Mandiri
|
||
15. Siswa mengamati gambar makanan kesukaan keluarga siti
|
Mandiri
|
||
16.
Siswa dan guru berdiskusi tentang makanan
kesukaan siswa dan anggota keluarganya
|
Gotong royong
|
||
17. Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang pentingnnya menjaga persatuan walaupun
makanan yang disukai berbeda
|
Mandiri
|
||
18. Guru
menuliskan sebuah kalimat tentang makanan kesukaan
|
Mandiri
|
||
19.
Guru meminta siswa menuliskan
sebuah kalimat tentang makanan yang disukainya.
|
Mandiri
|
||
20. Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang kalimat acak
|
Mandiri
|
||
21. Siswa
mengerjakan LK 2
|
Mandiri
|
||
22. Siswa
membacakan hasil pekerjaannya di depan kelas
|
Mandiri
|
||
Penutup
|
23.
Siswa
dan guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran hari ini
|
Gotong royong
|
15 menit
|
24.
Siswa
mengerjakan soal evaluasi.
|
Mandiri
|
||
25.
Siswa
melakukan refleksi seluruh kegiatan
yang sudah dilakukan selama sehari bersama dengan guru.
|
Gotong royong
|
||
26.
Pembelajaran
ditutup dengan doa bersama.
|
Religius
|
G. Penilaian
1. Jenis dan Teknik Penilaian
a)
Penilaian
sikap
b)
Penilaian
pengetahuan
c) Penilaian
ketrampilan
2. Instrumen Penilaian
a) Lembar observasi (Pengamatan Sikap)
b) Tes tulis dan lisan
c) Lembar ketrampilan
3. Remidial dan Pengayaan Pembelajaran
Pembelajaran tugas sesuai materi
H. Media,
Alat dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
a.
Gambar sayuran dan buah
b.
Berbagai pecahan mata uang
2.
Sumber pembelajaran:
a)
Buku
Guru Kelas 2 Tema 1 SD/MI Tahun 2017
b)
Buku
Siswa Kelas 2 Tema 1 SD/MI Tahun 2017
Guru Kelas
________________________
NIP.
|
Malang,
Guru Praktikan
Dodik Dwi Setyo Budi,S.Pd
|
Kepala
Sekolah
________________________
NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar