RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan
|
:
|
|
Kelas/
Semester
|
:
|
II/
I
|
Tema/
Subtema/PB
|
:
|
II/
I/ 3
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
3
X 35
|
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI 1
|
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
|
KI 3
|
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
|
KI 4
|
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang msencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator pencapaian Kompetensi
Muata Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
SBdP
|
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu
anak-anak
|
3.2.1
Menjelaskan tanda dinamika sebagai simbol tekanan kuat dan lemah pada lagu
anak-anak
|
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui
lagu anak-anak
|
4.2.1 Menyanyikan
lagu anak-anak dengan memperhatikan tanda dinamika
|
|
Bahasa Indonesia
|
3.2 Menguraikan kosakata dan konsep tentang
keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau
bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi
lingkungan.
|
3.2.1
Mendeskripsikan benda berdasarkan ciri-cirinya
3.2.3
Menjelaskan sifat-sifat benda
|
4.2 Melaporkan penggunaan kosakata bahasa
Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang keragaman
benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks tulis, lisan, dan
visual.
|
4.2.1
Melaporkan hasil pengamatan sederhana
tentang keragaman benda berdasarkan sifatnya
|
|
Matematika
|
3.4 Menjelaskan perkalian dan pembagian yang
melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan
sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian
|
3.4.1
Menghitung hasil kali dua bilangan dengan hasil bilangan cacah sampai 100
|
4.4 Menyelesaikan masalah perkalian dan
pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100
dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian
|
4.4.1
Membuat kalimat matematika perkalian
dua bilangan sebagai penjumlahan berulang
|
C. Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah mendengarkan penjelasan guru,
siswa dapat menjelaskan tanda dinamika sebagai simbol tekanan kuat dan lemah
pada lagu anak-anak dengan benar.
2.
Setelah mendengarkan lagu, siswa dapat menyanyikan
lagu berdayung dengan memperhatikan tekanan kuat dan lemah dengan benar.
3.
Setelah mengamati benda sekitar, siswa
dapat mendeskripsikan keragaman benda berdasarkan ciri-cirinya dengan benar.
4.
Setelah mengamati benda sekitar, siswa
dapat Menjelaskan
sifat-sifat benda dengan benar
5.
Setelah melakukan pengamatan, siswa
dapat membuat laporan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda di
lingkungan sekitar dengan benar
6.
Setelah mendengarkan penjelasan guru,
siswa dapat menghitung hasil kali dua bilangan dengan hasil bilangan cacah
sampai 100 dengan benar
7.
Setelah mendengarkan penjelasan guru,
siswa dapat mengoperasikan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang dengan
benar
D. Materi
Pembelajaran
- Tekanan kuat dan lemah bunyi pada lagu anak
- Ciri- ciri dan sifat benda
- Oprasi perkalian sebagai penjumlahan berulang
E. Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Model :
Problem Based learning
Metode : - Ceramah
-
Diskusi
-
Demonstrasi
- Eksperimen
F. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
PPK
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru mengucap salam
2. Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
3. Siswa membaca teks pancasila dan menyanyikan
lagu indonesia raya
4. Mengecek kehadiran siswa
5. Guru membiasakan siswa membaca terlebih
dahulu sebelum memulai pembelajaran (Literasi)
6. Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran
sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
7. Guru menjelaskan cakupan materi dan tujuan
pembelajaran yang akan dipelajari hari ini
|
Religius
Religius
Nasionalis
Integritas
|
15 menit
|
Kegiatan
Inti
|
8.
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tanda
dinamika
9.
Siswa mendengarkan contoh lagu “Berdayung”
10.
Siswa secara bersama-sama menyanyikan lagu
“Berdayung”
11.
Siswa mengamati benda-benda yang ada disekitar
kelas
12.
Siswa dan guru bertanya jawab tentang benda-benda
disekitar kelas
13.
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang
ciri-ciri benda (Kapur)
14.
Siswa mengamati benda (papan tulis), kemudian
siswa mendeskripsikan ciri-cirinya
15.
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang
sifat-sifat benda (tetap, berubah, kasar, halus)
16.
Siswa mengamati benda (buku, pensil), kemudian
menjelaskan sifat-sifatnya
17.
Siswa mengerjakan LK 1 tentang ciri-ciri dan sifat
benda
18.
Siswa membacakan hasil pekerjaannya di depan kelas
19.
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang
terdiri atas 4-5 anak.
20.
Siswa melakukan percobaan tentang sifat-sifat
benda (tetap dan berubah)
21.
Siswa menuliskan hasil pengamatan dan kesimpulan
di LK 2
22.
Siswa membacakan hasil pekerjaannya di depan kelas.
23.
Siswa dikenalkan kembali dengan penjumlahan
berulang sebagai konsep perkalian.
24.
Siswa berdiskusi dengan teman sebangku untuk
menyelesaikan soal yang berhubungan dengan konsep perkalian.
25.
Siswa menyelesaikan soal-soal latihan tentang
perkalian.
26.
Siswa menukarkan jawaban dengan teman sebangku,
kemudian siswa bersama guru saling memeriksa jawaban yang telah ditukarkan.
|
Mandiri
Integritas
Kerja sama
Kerja sama
Integritas
Mandiri
Integritas
Mandiri
Mandiri
Mandiri
Gotong royong
Integritas
Gotong royong
Integritas
Gotong royong
Mandiri
Integritas
|
75 menit
|
Penutup
|
27. Guru dan siswa membuat kesimpulan
pembelajaran hari ini
28. Siswa mengerjakan evaluasi
29. siswa melakukan refleksi seluruh kegiatan yang sudah dilakukan selama
seharian bersama dengan guru
30. Pembelajaran ditutup dengan doa bersama.
|
Gotong royong
Mandiri
Religius
|
15 menit
|
G. Penilaian
1. Jenis dan Teknik Penilaian
a)
Penilaian
sikap
b) Penilaian
pengetahuan(menjalaskan
tanda dinamika, mendeskripsikan benda berdasarkan ciri-cirinya, menjelaskan
benda berdasarkan sifat-sifatnya dan menyelesaikan oprasi perhitungan )
c) Penilaian
ketrampilan (menyanyikan
lagu berdayung, membuat laporan pengamatan dan mengoperasikan perkalian dua bilangan
sebagai penjumlahan berulang)
2. Instrumen Penilaian
a) Lembar observasi (Pengamatan Sikap)
b) Tes tulis dan lisan
c) Lembar ketrampilan
3. Remidial dan Pengayaan Pembelajaran
Pembelajaran tugas sesuai materi
H. Media,
Alat dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a)
Teks lagu berdayung
b)
Buku
c)
Kertas
d)
Pensil
e)
Batu
f)
Piring
2.
Sumber pembelajaran:
a)
Taufina.
2017. Buku Siswa SD/MI Kelas II. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan,
Balitbang, Kemdikbud.
b)
Taufina.
2017. Buku Guru SD/MI Kelas II. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan,
Balitbang, Kemdikbud
Silahkan gunakan download Link di bawah ini untuk file RPP lengkap beserta lampirannya. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di kolom komentar, satu saran dari anda sangat berguna untuk Mr.D.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar