RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SDN
Sumbersari I
|
Kelas/
Semester
|
:
|
II/
I
|
Tema
|
:
|
3.
Tugasku sehari-hari
|
Subtema
|
:
|
2.
Tugasku sehari-hari di rumah
|
Pembelajaran
|
:
|
1
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
4 X
35 (1 X Pertemuan)
|
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI 1
|
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
|
KI 3
|
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
|
KI 4
|
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang msencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator pencapaian Kompetensi
Muatan Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Bahasa Indonesia
|
3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang
lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan
sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan,
visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
|
3.3.1
Memahami petunjuk arah (Sebelah kanan, kiri, depan dan belakang)
3.3.2
Menjelaskan letak geografis sekolah
|
4.3 Melaporkan penggunaan kosakata bahasa
Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan
geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam
bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
|
4.3.1
Menggambar denah lingkungan sekolah
|
|
Matematika
|
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan
mata uang.
|
3.5.1 Menghitung nilai sekelompok pecahan uang
|
4.5 Mengurutkan nilai mata uang serta
mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan mata uang.
|
4.5.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
pecahan mata uang dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk soal cerita.
|
|
SBdP
|
3.3 Mengenal gerak keseharian dan alam dalam
tari.
|
3.3.1 Memahami
gerak dasar tari.
|
4.3 Meragakan gerak keseharian dan alam dalam
tari.
|
4.3.1
Memperagakan gerak dasar
gerak tari.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah membaca teks, siswa mampu memahami memahami petunjuk
arah (Sebelah kanan, kiri, depan dan belakang) dengan benar
2.
Setelah mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan letak
geografis sekolah dengan tepat.
3.
Setelah
mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu menghitung nilai sekelompok pecahan
uang dengan benar
4.
Setelah
mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan pecahan mata uang dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk soal cerita dengan
benar
5.
Setelah berdiskusi, siswa mampu dengan
benar.
6.
Setelah mendengarkan penjelasan guru,
siswa mampu memahami
gerak dasar tari dengan benar.
7.
Setelah
memperhatikan contoh guru, siswa mampu memperagakan gerak dasar gerak tari dengan
benar
D.
Materi Pembelajaran
1. Petunjuk
arah (Sebelah kanan, kiri, depan dan belakang)
2. Menghitung
pecahan uang
3. Gerak
dasar tari
E. Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Metode : - Ceramah
-
Diskusi
-
Tanya jawab
-
Permainan
F. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Nilai Karakter
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru mengucap salam
|
Religius
|
15 menit
|
2. Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
|
Religius
|
||
3. Siswa membaca teks pancasila
|
Nasionalis
|
||
4. Mengecek kehadiran siswa
|
Integritas
|
||
5. Guru mengingatkan siswa pelajaran sebelumnya
dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
|
|||
6. Guru menjelaskan cakupan materi dan tujuan
pembelajaran yang akan dipelajari hari ini
|
|||
Kegiatan
Inti
|
7. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang petunjuk
arah (Sebelah kanan, kiri, depan dan belakang)
|
Mandiri
|
110 Menit
|
8. Siswa mengamati gambar denah sekolah Siti
|
Mandiri
|
||
9. Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk
mengecek pemahaman siswa.
− Di mana letak sekolah Siti?
− Mengapa Siti harus tahu letak sekolahnya?
−
Bagaimana kondisi sekitar sekolah Siti?
|
Mandiri
|
||
10. Siswa mendengarkan penjelasan guru cara
membuat denah dengan benar.
|
Mandiri
|
||
11. Siswa
mengerjakan LK 1
|
Mandiri
|
||
12. Siswa membacakan hasil pekerjaannya di
depan kelas
|
Mandiri
|
||
13. Siswa
mendengarkan penjelasan guru cara menghitung pecahan uang
|
Mandiri
|
||
14. Siswa mendengarkan contoh soal cerita yang dibacakan guru
|
Mandiri
|
||
15. Siswa
mendengarkan penjelasan guru cara menyelesaikan soal cerita
|
Mandiri
|
||
16.
Siswa mengerjakan LK 2
|
Gotong royong
|
||
17. Siswa membacakan hasil pekerjaannya di
depan kelas
|
Mandiri
|
||
18. Siswa
mengamati gambar gerak dasar tari
|
Mandiri
|
||
19.
Siswa melihat cintoh dari guru,
gerak dasar tari dalam lagu menanam jagung
|
|||
20. Siswa
mempraktikan gerak dasar tari dengan di iringi lagu menanam jagung
|
|||
Penutup
|
21.
Siswa
dan guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran hari ini
|
Gotong royong
|
15 menit
|
22.
Siswa
mengerjakan soal evaluasi.
|
Mandiri
|
||
23.
Siswa
melakukan refleksi seluruh kegiatan
yang sudah dilakukan selama sehari bersama dengan guru.
|
Gotong royong
|
||
24.
Pembelajaran
ditutup dengan doa bersama.
|
Religius
|
G. Penilaian
1. Jenis dan Teknik Penilaian
a)
Penilaian
sikap
b)
Penilaian
pengetahuan
c) Penilaian
ketrampilan
2. Instrumen Penilaian
a) Lembar observasi (Pengamatan Sikap)
b) Tes tulis dan lisan
c) Lembar ketrampilan
3. Remidial dan Pengayaan Pembelajaran
Pembelajaran tugas sesuai materi
H. Media,
Alat dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
a.
Gambar denah sekolah siti
b.
Berbagai pecahan mata uang
c.
Gambar gerak dasar tari
d.
Lagu menanam jagung
2.
Sumber pembelajaran:
a)
Buku
Guru Kelas 2 Tema 3 SD/MI Tahun 2017
b)
Buku
Siswa Kelas 2 Tema 3 SD/MI Tahun 2017
Guru Kelas
________________________
NIP.
|
Malang,
Guru Praktikan
Dodik Dwi Setyo Budi,S.Pd
|
Kepala
Sekolah
________________________
NIP.
|
Silahkan gunakan download Link di bawah ini untuk file RPP lengkap beserta lampirannya. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di kolom komentar, satu saran dari anda sangat berguna untuk Mr.D.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar