RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SDN
Sumbersari I
|
Kelas/
Semester
|
:
|
III/
I
|
Tema
|
:
|
1.
Pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup
|
Subtema
|
:
|
3.
Pertumbuhan hewan
|
Pembelajaran
|
:
|
3
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
6 X
35 (1 X Pertemuan)
|
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI 1
|
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
|
KI 3
|
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
|
KI 4
|
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang msencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator pencapaian Kompetensi
Muatan Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Bahasa Indonesia
|
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang
konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan
perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan
dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
|
3.4.1
Menjelaskan makna kata/ istilah yang berhubungan dengan pertumbuhan ikan
3.4.2
Menyebutkan jenis-jenis ikan
|
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep
ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan
perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis
menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif
|
4.4.1 Membuat laporan ciri-ciri fisik
pada ikan
|
|
Matematika
|
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada
bilangan cacah.
|
3.1.1
Menentukan hasil kali dua
bilangan cacah dengan hasil sampai 1000
|
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan
penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
|
4.1.1 Memecahkan masalah sehari-hari
yang melibatkan perkalian
|
|
SBdP
|
3.1 Memahami unsur-unsur seni rupa dalam karya
dekoratif.
|
3.1.1 Mengidentifikasi garis dan warna
sebagai unsur karya dekoratif
|
4.1 Membuat karya dekoratif.
|
4.1.1 Membuat
karya dekoratif menggunakan
garis dan warna
|
C. Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah
mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan makna kata/ istilah yang berhubungan
dengan pertumbuhan ikan dengan tepat.
2.
Setelah
melihat gambar, siswa dapat menyebutkan jenis-jenis ikan dengan benar.
3.
Setelah
berdiskusi, siswa dapat mendemonstrasikan ciri-ciri fisik pada ikan dengan
tepat.
4.
Setelah
mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menentukan hasil kali dua bilangan
cacah dengan hasil sampai 1000 dengan benar.
5.
Setelah
mengamati contoh, siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan
perkalian dengan benar.
6.
Setelah
mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi garis dan warna sebagai unsur
karya dekoratif dengan benar.
7.
Setelah
mengamati gambar, siswa dapat menggunakan garis dan warna untuk membuat karya
dekoratif dengan rapi.
D.
Materi Pembelajaran
1. Jenis
dan ciri-ciri fisik pada ikan
2. Perkalian
dua bilangan
3. Gambar
dekoratif
E. Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Metode : - Ceramah
-
Diskusi
-
Tanya jawab
-
Penugasan
F. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Nilai Karakter
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
mengucap salam
|
Religius
|
15 menit
|
2.
Salah
satu siswa diminta untuk memimpin doa.
|
Religius
|
||
3.
Siswa
membaca teks pancasila
|
Nasionalis
|
||
4.
Mengecek
kehadiran siswa
|
Integritas
|
||
5.
Guru
mengingatkan siswa pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang
akan disampaikan.
|
|
||
6.
Guru
menjelaskan cakupan materi dan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari hari
ini
|
|
||
Kegiatan
Inti
|
7. Siswa
dan guru berdiskusi tentang pertumbuhan ikan
|
Mandiri
|
110 Menit
|
8. Siswa
menjelaskan makna
kata/istilah yang berhubungan dengan pertumbuhan ikan
|
Mandiri
|
||
9.
Siswa mengamati gambar jenis-jenis ikan
|
Mandiri
|
||
10.
Siswa dan guru berdiskusi tentang ciri-ciri fisik
pada ikan
|
Gotong royong
|
||
11.
Siswa mengerjakan soal tentang jenis ikan dan
ciri-cirinya
|
Mandiri
|
||
12.
Siswa membacakan hasil pekerjaannya di depan kelas
|
|
||
13. Siswa mendengarkan penjelasan guru, cara menyelesaikan
soal perkalian dalam bentuk soal cerita
|
Mandiri
|
||
14. Siswa
berlatih mengerjakan soal perkalian
|
Gotong royong
|
||
15. Siswa
mengamati contoh gambar dekoratif ikan
|
Mandiri
|
||
16. Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang garis dan warna yang ada pada gambar
dekoratif
|
Mandiri
|
||
17. Siswa
mengamati garis dan warna yang ada pada gambar dekoratif ikan.
|
Mandiri
|
||
18. Siswa
menghias gambar ikan dengan berbagai macam garis
|
Mandiri
|
||
19. Siswa
mewarnai gambarnya agar lebih menarik
|
Mandiri
|
||
Penutup
|
20.
Siswa
dan guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran hari ini
|
Gotong royong
|
15 menit
|
21.
Siswa
mengerjakan soal evaluasi.
|
Mandiri
|
||
22.
Siswa
melakukan refleksi seluruh kegiatan
yang sudah dilakukan selama sehari bersama dengan guru.
|
Gotong royong
|
||
23.
Pembelajaran
ditutup dengan doa bersama.
|
Religius
|
G. Penilaian
1. Jenis dan Teknik Penilaian
a)
Penilaian
sikap
b)
Penilaian
pengetahuan (menyebutkan jenis-jenis ikan dan menentukan hasil kali dua
bilangan cacah dengan hasil sampai 1000)
c) Penilaian
ketrampilan (Membuat
laporan ciri-ciri fisik pada ikan, membuat soal cerita dan membuat gambar
dekoratif)
2. Instrumen Penilaian
a) Lembar observasi (Pengamatan Sikap)
b) Tes tulis dan lisan
c) Lembar ketrampilan
3. Remidial dan Pengayaan Pembelajaran
Pembelajaran tugas sesuai materi
H. Media,
Alat dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
a.
Gambar jenis-jenis ikan
b.
Gambar dekoratif
c.
Papan berhitung
2.
Sumber pembelajaran:
a)
Buku
Guru Kelas 3 Tema 1 SD/MI Tahun 2018
b)
Buku
Siswa Kelas 3 Tema 1 SD/MI Tahun 2018
Guru Kelas
________________________
NIP.
|
Malang,
Guru Praktikan
Dodik Dwi Setyo Budi,S.Pd
|
Kepala
Sekolah
________________________
NIP.
|
Silahkan gunakan download Link di bawah ini untuk file RPP lengkap beserta lampirannya. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di kolom komentar, satu saran dari anda sangat berguna untuk Mr.D.
TERIMAKASIH MR D TP RPP NYA GA DA GAMBAR HEWANNYA
BalasHapussiapp, bisa ditambahkan
BalasHapus