RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SDN
Sumbersari I
|
Kelas/
Semester
|
:
|
IA/
I
|
Tema
|
:
|
1.
Diriku
|
Subtema
|
:
|
1.
Aku dan teman baru
|
Pembelajaran
|
:
|
1.
Ayo berkenalan
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
4 X
35 (1 X Pertemuan)
|
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI 1
|
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
|
KI 3
|
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
|
KI 4
|
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang msencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator pencapaian Kompetensi
Muatan Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Bahasa Indonesia
|
3.9
Merinci kosakata dan ungkapan
perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan
dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
3.9.1
Menyebutkan nama-nama teman dalam kelas
|
4.9 Menggunakan kosakata dan ungkapan yang
tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya
secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulisan
|
4.9.1
Memperkenalkan diri dengan kosakata yang tepat
|
|
PPKn
|
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari- hari di rumah.
|
3.2.1
Menjelaskan aturan yang berlaku dalam rumah
|
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan
yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
4.2.1
Mempraktikkan kegiatan memberi salam saat keluar rumah
|
|
SBdP
|
3.2 Mengenal elemen musik melalui lagu.
|
3.2.1 Mengidentifikasi
perbedaan warna suara manusia
|
4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu.
|
4.2.1 Menyanyikan
lagu ‘’Siapakah namamu’’
|
C. Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah bernyanyi dan melakukan permainan,
siswa dapat menyebutkan
nama-nama teman dalam kelas dengan benar
2.
Setelah
menyimak penjelasan guru, siswa dapat memperkenalkan diri dengan kosakata yang
tepat
3.
Melalui berdiskusi, siswa dapat menjelaskan
aturan yang berlaku dalam rumah dengan benar.
4.
Setelah mengamati gambar, siswa dapat mempraktikkan
kegiatan memberi salam saat keluar rumah dengan tepat.
5.
Setelah bernyanyi, siswa dapat mengidentifikasi
perbedaan warna suara manusia dengan tepat
6.
Setelah mendengarkan contoh dari guru,
siswa dapat menyanyikan lagu ‘’Siapakah namamu’’ dengan benar.
D.
Materi Pembelajaran
1. Perkenalan
diri
2. Aturan
yang berlaku dalam rumah
3. Bernyanyi
lagu ‘’siapakah namamu’’
E. Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Metode : - Ceramah
-
Diskusi
-
Tanya jawab
- Permainan
F. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Nilai Karakter
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru mengucap salam
|
Religius
|
15 menit
|
2. Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
|
Religius
|
||
3. Siswa membaca teks pancasila
|
Nasionalis
|
||
4. Mengecek kehadiran siswa
|
|||
5.
Guru bertanya, “Apakah kalian sudah berpamitan kepada orang tua
masing-masing saat hendak ke sekolah?” (Literasi)
|
Integritas
|
||
6. Guru mengingatkan siswa pelajaran sebelumnya
dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
|
|||
7. Guru menjelaskan cakupan materi dan tujuan
pembelajaran yang akan dipelajari hari ini
|
|||
Kegiatan
Inti
|
8. Siswa
mengamati gambar anak yang berpamitan sebelum berangkat sekolah
|
Religius
|
110 Menit
|
9. Siswa diberi pertanyaan untuk memancing
keaktifan dengan pertanyaan sebagai berikut.
» Sudahkah kalian berpamitan sebelum
berangkat sekolah?
» Bagaimana cara kalian berpamitan?
|
Mandiri
|
||
10. Siswa
menyimak penjelasan guru tentang pentingnya berpamitan sebelum berangkat sekolah
|
Mandiri
|
||
11. Siswa
mempraktekan cara berpamitan yang
benar.
|
Religius
|
||
12. Siswa
mengamati gambar Udin, Beni dan teman-teman.
|
Mandiri
|
||
13. Siswa
dan guru berdiskusi tentang ciri-ciri setiap anak pada gambar.
|
Gotong royong
|
||
14. Siswa
menyimak penjelasan guru tentang cara berkenalan, seperti yang dilakukan Edo dan Beni
|
Mandiri
|
||
15. Siswa
diajak untuk saling berkenalan dengan teman satu kelasnya melalui sebuah permainan bola berjalan. Permainan dimulai dari guru
dengan memperkenalkan diri, “Selamat pagi, nama saya Ibu/Bapak...biasa
dipanggil Ibu/Bapak...
|
Mandiri
|
||
16. Setelah memperkenalkan diri,
guru mengajak siswa bernyanyi ‘’Siapakah namamu’’
|
Gotong royong
|
||
17. Guru
memberikan contoh cara menyanyikan lagu “Siapa Namamu?” sambil menepuk
pundak salah satu siswa, lalu siswa itu menyebutkan namanya.
|
Mandiri
|
||
18. Selain mengingat nama teman, saat bernyanyi siswa
mengingat suara teman masing-masing
|
Mandiri
|
||
19.
Siswa berdiskusi pentingnya saling mengenal, seperti kata pepatah ‘’tak kenal maka tak sayang’’.
|
Gotong royong
|
||
Penutup
|
20.
Siswa
dan guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran hari ini
|
Gotong royong
|
15 menit
|
21.
Siswa
mengerjakan soal evaluasi.
|
Mandiri
|
||
22.
Siswa
melakukan refleksi seluruh kegiatan
yang sudah dilakukan selama sehari bersama dengan guru.
|
Gotong royong
|
||
23.
Pembelajaran
ditutup dengan doa bersama.
|
Religius
|
G. Penilaian
1. Jenis dan Teknik Penilaian
a)
Penilaian
sikap
b)
Penilaian
pengetahuan (Menyebutkan nama teman di dalam kelas dan aturan di rumah )
c) Penilaian
ketrampilan (Perkenalan
diri dan Menyanyikan lagu ‘’Siapa Namamu’’ )
2. Instrumen Penilaian
a) Lembar observasi (Pengamatan Sikap)
b) Tes tulis dan lisan
c) Lembar ketrampilan
3. Remidial dan Pengayaan Pembelajaran
Pembelajaran tugas sesuai materi
H. Media,
Alat dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
a.
Gambar siswa berpamitan sebelum
berangkat sekolah
b.
Gambar udin, siti dan teman-temannya
c.
Teks
lagu ”Siapa
Namamu?”
2.
Sumber pembelajaran:
a)
Buku
Guru Kelas I Tema 1 SD/MI Tahun 2017
b)
Buku
Siswa Kelas I Tema 1 SD/MI Tahun 2017
Guru Kelas
________________________
NIP.
|
Malang,
Guru Praktikan
Dodik Dwi Setyo Budi,S.Pd
|
Kepala
Sekolah
________________________
NIP.
|
Silahkan gunakan download Link di bawah ini untuk file RPP lengkap beserta lampirannya. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di kolom komentar, satu saran dari anda sangat berguna untuk Mr.D.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar