RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SDN
Sumbersari I
|
Kelas/
Semester
|
:
|
II/
I
|
Tema
|
:
|
3.
Tugasku sehari-hari
|
Subtema
|
:
|
3.
Tugasku sebagai umat beragama
|
Pembelajaran
|
:
|
1
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
4 X
35 (1 X Pertemuan)
|
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI 1
|
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
|
KI 3
|
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
|
KI 4
|
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator pencapaian Kompetensi
Muatan Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Bahasa Indonesia
|
3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang
lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan
sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan,
visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
|
3.3.1
Mengidentifikasi isi teks berkaitan kehidupan budaya
|
4.3 Melaporkan penggunaan kosakata bahasa
Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan geografis,
kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bentuk teks
tulis, lisan, dan visual.
|
4.3.1
Menceritakan kembali isi teks menggunakan bahasa sendiri.
|
|
Matematika
|
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan
mata uang.
|
3.5.1 Menghitung nilai sekelompok pecahan uang
|
4.5 Mengurutkan nilai mata uang serta
mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan mata uang.
|
4.5.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
pecahan mata uang dalam bentuk soal cerita.
|
|
SBdP
|
3.1 Mengenal karya imajinatif dua dan tiga
dimensi.
|
3.3.1 Menjelaskan
isi gambar imajinasi.
|
4.1 Membuat karya imajinatif dua dan tiga
dimensi
|
4.3.1 Membuat
karya gambar imajinasi
|
C. Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi isi teks
berkaitan kehidupan budaya
dengan benar
2.
Setelah mengamati gambar, siswa mampu menceritakan kembali isi
teks menggunakan bahasa sendiri dengan
tepat.
3.
Setelah
mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu menghitung nilai sekelompok pecahan
uang dengan benar
4.
Setelah
mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan pecahan mata uang alam bentuk soal cerita dengan benar
5.
Setelah mendengarkan penjelasan guru,
siswa mampu menjelaskan
isi gambar imajinasi dengan
benar.
6.
Setelah
memperhatikan contoh guru, siswa mampu membuat karya gambar imajinasi dengan baik
D.
Materi Pembelajaran
1. Mengidentifikasi
isi teks
2. Menghitung
pecahan uang
3. Gambar
imajinatif
E. Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Metode : - Polia
-
Ceramah
-
Diskusi
-
Tanya jawab
-
Permainan
F. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Nilai Karakter
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru mengucap
salam
|
Religius
|
15 menit
|
2.
Salah satu siswa
diminta untuk memimpin doa.
|
Religius
|
||
3.
Siswa membaca teks
pancasila
|
Nasionalis
|
||
4.
Mengecek kehadiran
siswa
|
Integritas
|
||
5.
Guru mengingatkan
siswa pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan
disampaikan.
|
|||
6.
Guru menjelaskan
cakupan materi dan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari hari ini
|
|||
Kegiatan Inti
|
7.
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pentingnya saling tolong menolong
(mengamati)
|
Gotong royong
|
110 Menit
|
8.
Siswa membaca teks cerita ‘’Budaya Tolong Menolong’’ secara bergantian (mengamati)
|
Mandiri
|
||
9.
Siswa dan guru
bertanya jawab tentang isi dalam teks cerita ‘’Budaya Tolong Menolong’’ (menanya)
|
Gotong royong
|
||
10. Siswa mengamati gambar bencana alam. (mengamati)
|
Mandiri
|
||
11. Siswa dan guru bertanya jawab tentang apa yang
terjadi di gambar tersebut. (menanya)
|
Gotong royong
|
||
12. Siswa mengerjakan LK 1
|
Mandiri
|
||
13. Siswa membacakan hasil pekerjaannya di depan kelas (mengkomunikasikan)
|
Mandiri
|
||
14.
Guru menulis
soal cerita yang memuat operasi hitung uang
|
Mandiri
|
||
15. Guru menunjuk salah satu siswa untuk membaca soal
cerita tersebut sedang siswa yang lain menyimak. (mengkomunikasikan)
|
Mandiri
|
||
16. Guru membentuk siswa dalam kelompok
|
Gotong royong
|
||
17.
Guru menjelaskan
cara menyelesaikan soal cerita dengan menggunakan langkah-langkah metode Polya
|
Mandiri
|
||
18. Langkah 1. Memahami masalah
Siswa mengidentifikasi isi dalam soal, menuliskan
apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan. dengan bantuan benda konkret. (mengamati)
|
Mandiri
|
||
19. Langkah 2. Membuat Rencana Penyelesaian
Siswa diminta untuk menuliskan kalimat matematika
dari soal cerita itu dengan menggunakan operasi hitung yang tepat. (menalar)
|
Mandiri
|
||
20. Langkah 3. Pelaksanaan Rencana Penyelesaian
Siswa mengerjakan kalimat matematika yang telah
ditulis (menalar)
|
Mandiri
|
||
21. Langkah 4
Memeriksa kembali
Siswa memeriksa kembali jawaban soal cerita dengan
cara mencocokkan kembali antara hasil
jawaban dengan soal semula. (menalar)
|
Mandiri
|
||
22. Guru
memberikan 1 soal lagi dan meminta siswa mengerjakannya dengan metode Polia
|
Mandiri
|
||
23. Guru
membimbing siswa mengerjakan soal sesuai contoh (menalar)
|
Gotong royong
|
||
24. Siswa
mengerjakan LK 2
|
Mandiri
|
||
25. Siswa
menuliskan hasil pekerjaannya di depan kelas
|
Mandiri
|
||
26. Siswa
mengamati gambar imajinatif (mengamati)
|
Mandiri
|
||
27. Guru
mencontohkan cara menggambar imajinatif
|
Mandiri
|
||
28. Siswa
menggambar karya imajinatif di LK 3 (mengkomunikasikan)
|
Mandiri
|
||
Penutup
|
29. Siswa dan guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran hari ini
|
Gotong royong
|
15 menit
|
30. Siswa mengerjakan soal evaluasi.
|
Mandiri
|
||
31. Siswa melakukan refleksi seluruh
kegiatan yang sudah dilakukan selama sehari bersama dengan guru.
|
Gotong royong
|
||
32. Pembelajaran ditutup dengan doa bersama.
|
Religius
|
G. Penilaian
1. Jenis dan Teknik Penilaian
a)
Penilaian
sikap
b)
Penilaian
pengetahuan
c) Penilaian ketrampilan
2. Instrumen Penilaian
a) Lembar observasi (Pengamatan Sikap)
b) Tes tulis dan lisan
c) Lembar ketrampilan
3. Remidial dan Pengayaan Pembelajaran
Pembelajaran tugas sesuai materi
H. Media,
Alat dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
a.
Gambar bencana alam
b.
Berbagai pecahan mata uang
c.
Teks cerita
d.
Gambar imajinatif
2.
Sumber pembelajaran:
a)
Buku
Guru Kelas 2 Tema 3 SD/MI Tahun 2017
b)
Buku
Siswa Kelas 2 Tema 3 SD/MI Tahun 2017
Guru Kelas
________________________
NIP.
|
Malang,
Guru Praktikan
Dodik Dwi Setyo Budi,S.Pd
|
Kepala
Sekolah
________________________
NIP.
|
Silahkan gunakan download Link di bawah ini untuk file RPP lengkap beserta lampirannya. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di kolom komentar, satu saran dari anda sangat berguna untuk Mr.D.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar