Rabu, 13 Februari 2019

RPP Kelas 2 Tema 3. Tugasku sehari-hari Subtema 3. Tugasku sebagai umat beragama Pembelajaran 3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan
:
SDN Sumbersari I
Kelas/ Semester
:
II/ I
Tema
:
3. Tugasku sehari-hari
Subtema
:
3. Tugasku sebagai umat beragama
Pembelajaran
:
3 Budaya Memberi Salam
Alokasi Waktu 
:
4 X 35 (1 X Pertemuan)

A. Kompetensi Inti (KI)
KI 1
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator pencapaian Kompetensi
Muatan Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
Bahasa Indonesia
3.3  Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.3.1 Mengidentifikasi isi teks berkaitan kehidupan budaya di sekolah
4.3  Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
4.3.1 Menemukan kosa kata berkaitan dengan kehidupan budaya di sekolah
PPKn
3.3  Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.
3.3.1 Membedakan individu berdasarkan agama di sekolah.

4.3  Mengelompokkan jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.
4.3.1 Menuliskan ucapan salam berbagai agama
Matematika
3.5  Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang.
3.5.1  Menghitung nilai sekelompok pecahan uang
4.5  Mengurutkan nilai mata uang serta mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan mata uang.
4.5.1  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan mata uang dalam bentuk soal cerita.

C. Tujuan Pembelajaran
1.    Setelah membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi isi teks berkaitan kehidupan budaya di sekolah dengan benar
2.    Setelah berdiskusi, siswa mampu menemukan kosa kata berkaitan dengan kehidupan budaya di sekolah dengan  tepat.
3.    Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu membedakan individu berdasarkan agama di sekolah dengan tepat.
4.    Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu menuliskan ucapan salam berbagai agama dengan benar
5.    Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu menghitung nilai sekelompok pecahan uang dengan benar
6.    Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan mata uang alam bentuk soal cerita dengan benar

D. Materi Pembelajaran
1.      Mengidentifikasi isi teks
2.      Ucapan salam berbagai agama
3.      Menghitung pecahan uang
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan            : Saintifik
Metode                  : - Polia
                                 - Ceramah
                                 - Diskusi
                                 - Tanya jawab
                                 - Permainan

F. Langkah-langkah Pembelajaran 
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Nilai Karakter
Alokasi
Waktu
Pendahuluan

1.      Guru mengucap salam
Religius
15 menit
2.      Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
Religius
3.      Siswa membaca teks pancasila
Nasionalis
4.      Mengecek kehadiran siswa
Integritas
5.      Guru mengingatkan siswa pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.

6.      Guru menjelaskan cakupan materi dan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari hari ini


Kegiatan Inti
7.      siswa untuk mengamati gambar anak yang mengucap salam (mengamati)
Gotong royong















110 Menit







8.      Siswa dan guru bertanya jawab tentang tujuan mengucap salam saat bertemu orang (menanya)
Gotong royong
9.      Siswa membaca teks bacaan ‘’kegiatan mengucap salam’’ secara bergantian. (mengamati)
Gotong royong
10.  Siswa menceritakan isi dalam teks dengan bahasanya sendiri dengan bantuan guru. (mengkomunikasikan)
Gotong royong
11.  Siswa menjelaskan hal baik yang bisa dicontoh dari teks bacaan ‘’kegiatan mengucap salam’’ (menalar)
Gotong royong
12.  Siswa menyebutkan jenis-jenis agama yang mereka ketahui. (menalar)
Mandiri
13.  Guru bertanya jawab dengan siswa tentang ucapan salam dari berbagai agama (menanya)
Mandiri
14.  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang ucapan salam dan cara menjawabnya (mengamati)
Mandiri
15.  Siswa mempraktikan cara mengucap salam dan cara menjawabnya
Mandiri
16.  Siswa dan guru berdiskusi tentang sikap terhadap teman yang memiliki cara mengucapkan salam yang berbeda.  (menalar)
Mandiri
17.  Siswa mengerjakan LK 1
Mandiri
18.  Siswa membacakan hasil pekerjaannya di depan kelas, siswa yang lain mengamati  (mengkomunikasikan)
Gotong royong
19.  Siswa mengamati daftar harga barang di toko Cak somad (mengamati)
Mandiri
20.  Siswa mengurutkan harga barang dari yang murah ke mahal dan sebaliknya (menalar
Mandiri
21.  Siswa diberikan soal cerita berkaitan dengan barang-barang di toko cak somad
Mandiri
22.  Guru membentuk siswa ke dalam kelompok
Gotong royong
23.  Langkah 1. Memahami masalah
Siswa mengidentifikasi isi dalam soal, mencari apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan. dengan bantuan benda konkret. (mengamati)
Mandiri
24.  Langkah 2. Membuat Rencana Penyelesaian
Siswa menuliskan kalimat matematika dari soal cerita  menggunakan operasi hitung yang tepat. (menalar)
Mandiri
25.  Langkah 3. Pelaksanaan Rencana Penyelesaian
Siswa mengerjakan kalimat matematika yang telah ditulis (menalar)
Mandiri
26.  Langkah 4 Memeriksa kembali
Siswa memeriksa kembali jawaban soal cerita dengan cara mencocokkan  kembali antara hasil jawaban dengan soal semula. (menalar)
Mandiri

27.  Guru memberikan soal lagi dan meminta siswa mengerjakannya dengan metode Polia
Mandiri
28.  Guru membimbing siswa mengerjakan soal sesuai contoh (menalar)
Gotong royong
29.  Siswa mengerjakan LK 2
Mandiri
30.  Siswa menyampaikan hasil pekerjaannya di depan kelas (mengkomunikasikan)
Mandiri
Penutup
31.  Siswa dan guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran hari ini
Gotong royong
15 menit
32.  Siswa mengerjakan soal evaluasi.
Mandiri

33.  Siswa melakukan refleksi seluruh  kegiatan yang sudah dilakukan selama sehari bersama dengan guru.
Gotong royong
34.  Pembelajaran ditutup dengan doa bersama.
Religius

G. Penilaian
1. Jenis dan Teknik Penilaian
a)      Penilaian sikap
b)      Penilaian pengetahuan
c)      Penilaian ketrampilan
2. Instrumen Penilaian
a)      Lembar observasi (Pengamatan Sikap)
b)      Tes tulis dan lisan
c)      Lembar ketrampilan
3. Remidial dan Pengayaan Pembelajaran
Pembelajaran tugas sesuai materi

H. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a.    Gambar bencana alam
b.    Berbagai pecahan mata uang
c.    Teks cerita
d.   Gambar imajinatif







2. Sumber pembelajaran:
a)      Buku Guru Kelas 2 Tema 3 SD/MI Tahun 2017
b)      Buku Siswa Kelas 2 Tema 3 SD/MI Tahun 2017


Guru Kelas


________________________
NIP.   
Malang,
Guru Praktikan


Dodik Dwi Setyo Budi,S.Pd

Kepala Sekolah


________________________
  NIP.

Silahkan gunakan download Link di bawah ini untuk file RPP lengkap beserta lampirannya. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di kolom komentar, satu saran dari anda sangat berguna untuk Mr.D.
Download Button

Tidak ada komentar:

Posting Komentar