RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SDN
Sumbersari I
|
Kelas/
Semester
|
:
|
II/
I
|
Tema
|
:
|
3.
Tugasku sehari-hari
|
Subtema
|
:
|
3.
Tugasku sebagai umat beragama
|
Pembelajaran
|
:
|
3
Budaya Memberi Salam
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
4 X
35 (1 X Pertemuan)
|
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI 1
|
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
|
KI 3
|
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
|
KI 4
|
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator pencapaian Kompetensi
Muatan Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Bahasa Indonesia
|
3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang
lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan
sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan,
visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
|
3.3.1
Mengidentifikasi isi teks berkaitan kehidupan budaya di sekolah
|
4.3 Melaporkan penggunaan kosakata bahasa
Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan
geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam
bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
|
4.3.1
Menemukan kosa kata berkaitan dengan kehidupan budaya di sekolah
|
|
PPKn
|
3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman
karakteristik individu di sekolah.
|
3.3.1
Membedakan individu berdasarkan agama di sekolah.
|
|
4.3 Mengelompokkan jenis-jenis keberagaman
karakteristik individu di sekolah.
|
4.3.1
Menuliskan ucapan salam berbagai agama
|
Matematika
|
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan
mata uang.
|
3.5.1 Menghitung nilai sekelompok pecahan uang
|
4.5 Mengurutkan nilai mata uang serta
mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan mata uang.
|
4.5.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
pecahan mata uang dalam bentuk soal cerita.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi isi teks
berkaitan kehidupan budaya di
sekolah dengan benar
2.
Setelah berdiskusi, siswa mampu menemukan kosa kata
berkaitan dengan kehidupan budaya di sekolah dengan tepat.
3.
Setelah mendengarkan penjelasan guru,
siswa mampu membedakan
individu berdasarkan agama di sekolah dengan tepat.
4.
Setelah
mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu menuliskan ucapan salam berbagai
agama dengan benar
5.
Setelah
mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu menghitung nilai sekelompok pecahan
uang dengan benar
6.
Setelah
mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan pecahan mata uang alam bentuk soal cerita dengan benar
D.
Materi Pembelajaran
1. Mengidentifikasi
isi teks
2. Ucapan
salam berbagai agama
3. Menghitung
pecahan uang
E. Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Metode : - Polia
-
Ceramah
-
Diskusi
-
Tanya jawab
-
Permainan
F. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Nilai Karakter
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru mengucap
salam
|
Religius
|
15 menit
|
2.
Salah satu siswa
diminta untuk memimpin doa.
|
Religius
|
||
3.
Siswa membaca teks
pancasila
|
Nasionalis
|
||
4.
Mengecek kehadiran
siswa
|
Integritas
|
||
5.
Guru mengingatkan
siswa pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan
disampaikan.
|
|
||
6.
Guru menjelaskan
cakupan materi dan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari hari ini
|
|
||
Kegiatan Inti
|
7.
siswa untuk mengamati gambar anak yang mengucap salam (mengamati)
|
Gotong royong
|
110 Menit
|
8.
Siswa dan guru bertanya jawab tentang tujuan mengucap salam saat bertemu orang (menanya)
|
Gotong royong
|
||
9.
Siswa membaca teks
bacaan ‘’kegiatan mengucap
salam’’ secara bergantian. (mengamati)
|
Gotong royong
|
||
10. Siswa menceritakan isi dalam teks dengan bahasanya
sendiri dengan bantuan guru. (mengkomunikasikan)
|
Gotong royong
|
||
11. Siswa menjelaskan hal baik yang bisa dicontoh dari
teks bacaan ‘’kegiatan mengucap salam’’ (menalar)
|
Gotong royong
|
||
12. Siswa menyebutkan jenis-jenis agama yang mereka
ketahui.
(menalar)
|
Mandiri
|
||
13. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang ucapan
salam dari berbagai agama (menanya)
|
Mandiri
|
||
14.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang ucapan salam dan cara menjawabnya (mengamati)
|
Mandiri
|
||
15. Siswa mempraktikan cara mengucap salam dan cara
menjawabnya
|
Mandiri
|
||
16.
Siswa dan
guru berdiskusi tentang sikap terhadap teman yang memiliki cara mengucapkan
salam yang berbeda. (menalar)
|
Mandiri
|
||
17. Siswa mengerjakan LK 1
|
Mandiri
|
||
18. Siswa membacakan hasil pekerjaannya di depan
kelas, siswa yang lain mengamati (mengkomunikasikan)
|
Gotong royong
|
||
19. Siswa mengamati daftar harga barang di toko Cak
somad (mengamati)
|
Mandiri
|
||
20. Siswa mengurutkan harga barang dari yang murah ke
mahal dan sebaliknya (menalar
|
Mandiri
|
||
21. Siswa diberikan soal cerita berkaitan dengan
barang-barang di toko cak somad
|
Mandiri
|
||
22. Guru membentuk siswa ke dalam kelompok
|
Gotong royong
|
||
23. Langkah 1. Memahami masalah
Siswa
mengidentifikasi isi dalam soal, mencari apa yang diketahui dan apa yang
ditanyakan. dengan bantuan benda konkret. (mengamati)
|
Mandiri
|
||
24. Langkah 2. Membuat Rencana Penyelesaian
Siswa
menuliskan kalimat matematika dari soal cerita menggunakan operasi hitung yang tepat. (menalar)
|
Mandiri
|
||
25. Langkah 3. Pelaksanaan Rencana Penyelesaian
Siswa
mengerjakan kalimat matematika yang telah ditulis (menalar)
|
Mandiri
|
||
26. Langkah 4
Memeriksa kembali
Siswa
memeriksa kembali jawaban soal cerita dengan cara mencocokkan kembali antara hasil jawaban dengan soal
semula. (menalar)
|
Mandiri
|
||
|
|||
27. Guru
memberikan soal lagi dan meminta siswa mengerjakannya dengan metode Polia
|
Mandiri
|
||
28. Guru
membimbing siswa mengerjakan soal sesuai contoh (menalar)
|
Gotong royong
|
||
29. Siswa
mengerjakan LK 2
|
Mandiri
|
||
30. Siswa
menyampaikan hasil pekerjaannya di depan kelas (mengkomunikasikan)
|
Mandiri
|
||
Penutup
|
31. Siswa dan guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran hari ini
|
Gotong royong
|
15 menit
|
32. Siswa mengerjakan soal evaluasi.
|
Mandiri
|
||
33. Siswa melakukan refleksi seluruh
kegiatan yang sudah dilakukan selama sehari bersama dengan guru.
|
Gotong royong
|
||
34. Pembelajaran ditutup dengan doa bersama.
|
Religius
|
G. Penilaian
1. Jenis dan Teknik Penilaian
a)
Penilaian
sikap
b)
Penilaian
pengetahuan
c) Penilaian
ketrampilan
2. Instrumen Penilaian
a) Lembar observasi (Pengamatan Sikap)
b) Tes tulis dan lisan
c) Lembar ketrampilan
3. Remidial dan Pengayaan Pembelajaran
Pembelajaran tugas sesuai materi
H. Media,
Alat dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
a.
Gambar bencana alam
b.
Berbagai pecahan mata uang
c.
Teks cerita
d.
Gambar imajinatif
2.
Sumber pembelajaran:
a)
Buku
Guru Kelas 2 Tema 3 SD/MI Tahun 2017
b)
Buku
Siswa Kelas 2 Tema 3 SD/MI Tahun 2017
Guru Kelas
________________________
NIP.
|
Malang,
Guru Praktikan
Dodik Dwi Setyo Budi,S.Pd
|
Kepala
Sekolah
________________________
NIP.
|
Silahkan gunakan download Link di bawah ini untuk file RPP lengkap beserta lampirannya. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di kolom komentar, satu saran dari anda sangat berguna untuk Mr.D.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar