RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SDN
Sumbersari I
|
Kelas/
Semester
|
:
|
I/
I
|
Tema
|
:
|
2.
Kegemaranku
|
Subtema
|
:
|
2.
Gemar Bernyanyi dan Menari
|
Pembelajaran
|
:
|
5
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
4 X
35 (1 X Pertemuan)
|
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI 1
|
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
|
KI 3
|
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
|
KI 4
|
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang msencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator pencapaian Kompetensi
Muatan Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Bahasa Indonesia
|
3.11 Mencermati puisi anak/syair lagu (berisi
ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau
persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan.
|
3.11.1
Melengkapi kalimat rumpang berdasarkan isi lagu Bunda Piara.
|
4.11 Melisankan puisi anak atau syair lagu
(berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih
sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk ungkapan diri.
|
4.11.1
Menceritakan pengalaman masa kecil
|
|
Matematika
|
3.4 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan
pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam
kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
|
3.4.1
Mengidentifikasi masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan (bilangan
1-10)
|
4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari
yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan
bilangan cacah sampai dengan 99.
|
4.4.1 Menyelesaikan masalah dalam kehidupan
sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan (bilangan 1-10)
|
C. Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah menyanyikan lagu bunda piara,
siswa dapat melengkapi
kalimat rumpang berdasarkan isi lagu Bunda Piara. dengan benar
2.
Setelah menyanyikan lagu bunda piara,
siswa dapat mengekspresikan
kembali ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu Setelah berdiskusi, siswa dapat menjelaskan
makna/ istilah yang berkaitan dengan wujud benda dengan benar
3.
Setelah
mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi masalah sehari-hari yang
melibatkan pengurangan (bilangan 1-10) dengan baik
4.
Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menyelesaikan
masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan (bilangan
1-10) dengan benar.
D.
Materi Pembelajaran
1. Ungkapan
sayang
2. pengurangan
bilangan 1-10
E. Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Metode : - Ceramah
-
Diskusi
-
Tanya jawab
-
Permainan
F. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Nilai Karakter
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru mengucap salam
|
Religius
|
15 menit
|
2. Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
|
Religius
|
||
3. Siswa membaca teks pancasila
|
Nasionalis
|
||
4. Mengecek kehadiran siswa
|
Integritas
|
||
|
|||
6. Guru mengingatkan siswa pelajaran sebelumnya
dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
|
|||
7. Guru menjelaskan cakupan materi dan tujuan
pembelajaran yang akan dipelajari hari ini
|
|||
Kegiatan
Inti
|
8. Siswa mengamati teks lagu ‘’bunda piara’’
|
Mandiri
|
110 Menit
|
9. siswa
membaca teks lagu secara bergantian
|
Mandiri
|
||
10. Siswa mendengarkan contoh dari guru cara
menyanyikan lagu ‘’bunda piara’’
|
Mandiri
|
||
11. Siswa dan guru berdiskusi tentang ungkapa
sayang yang ada di dalam lagu
|
Gotong royong
|
||
12. Siswa
dan guru bertanya jawab tentang kenangan masa kecil anak yang menyenangkan
|
Mandiri
|
||
13. Siswa
mengerjakan LK 1
|
Gotong royong
|
||
14. Siswa membacakan hasil pekerjaannya di
depan kelas
|
Mandiri
|
||
15. Siswa
mengamati gambar siamang di kebun binatang
|
Gotong royong
|
||
16. Siswa
dan guru bertanya jawab tentang jumlah siamang di dalam gambar
|
Mandiri
|
||
17. Siswa
mendengarkan cerita guru tentang gambar yang di dalamnya terdapat contoh soal
cerita pengurangan
|
Gotong royong
|
||
18. Siswa
mendengarkan penjelasan guru cara menyelesaikan soal pegurangan
|
Mandiri
|
||
19. Siswa
mengerjakan LK 2
|
Mandiri
|
||
20. Siswa
membacakan hasil pekerjaannya di depan kelas
|
Mandiri
|
||
Penutup
|
21.
Siswa
dan guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran hari ini
|
Gotong royong
|
15 menit
|
22.
Siswa
mengerjakan soal evaluasi.
|
Mandiri
|
||
23.
Siswa
melakukan refleksi seluruh kegiatan
yang sudah dilakukan selama sehari bersama dengan guru.
|
Gotong royong
|
||
24.
Pembelajaran
ditutup dengan doa bersama.
|
Religius
|
G. Penilaian
1. Jenis dan Teknik Penilaian
a)
Penilaian
sikap
b)
Penilaian
pengetahuan
c) Penilaian
ketrampilan
2. Instrumen Penilaian
a) Lembar observasi (Pengamatan Sikap)
b) Tes tulis dan lisan
c) Lembar ketrampilan
3. Remidial dan Pengayaan Pembelajaran
Pembelajaran tugas sesuai materi
H. Media,
Alat dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
a.
Teks lagu ‘’bunda piara’’
b.
Gambar hewan di kebun binatang
2.
Sumber pembelajaran:
a)
Buku
Guru Kelas 1 Tema 2 SD/MI Tahun 2017
b)
Buku
Siswa Kelas 1 Tema 2 SD/MI Tahun 2017
Guru Kelas
________________________
NIP.
|
Malang,
Guru Praktikan
Dodik Dwi Setyo Budi,S.Pd
|
Kepala
Sekolah
________________________
NIP.
|
Silahkan gunakan download Link di bawah ini untuk file RPP lengkap beserta lampirannya. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di kolom komentar, satu saran dari anda sangat berguna untuk Mr.D.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar