Senin, 11 Februari 2019

RPP Kelas 1 Tema 2.Kegemaranku Subtema 2.Gemar Bernyanyi dan Menari Pembelajaran 5


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan
:
SDN Sumbersari I
Kelas/ Semester
:
I/ I
Tema
:
2. Kegemaranku
Subtema
:
2. Gemar Bernyanyi dan Menari
Pembelajaran
:
5
Alokasi Waktu 
:
4 X 35 (1 X Pertemuan)

A. Kompetensi Inti (KI)
KI 1
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang msencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator pencapaian Kompetensi
Muatan Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
Bahasa Indonesia
3.11   Mencermati puisi anak/syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan. 

3.11.1 Melengkapi kalimat rumpang berdasarkan isi lagu Bunda Piara.
4.11   Melisankan puisi anak atau syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk ungkapan diri.
4.11.1 Menceritakan pengalaman masa kecil
Matematika
3.4  Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.

3.4.1 Mengidentifikasi masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan (bilangan 1-10)
4.4  Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99.
4.4.1  Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan (bilangan 1-10)

C. Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah menyanyikan lagu bunda piara, siswa dapat melengkapi kalimat rumpang berdasarkan isi lagu Bunda Piara. dengan benar
2.      Setelah menyanyikan lagu bunda piara, siswa dapat mengekspresikan kembali ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu Setelah berdiskusi, siswa dapat menjelaskan makna/ istilah yang berkaitan dengan wujud benda dengan benar
3.      Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan (bilangan 1-10) dengan baik
4.      Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan (bilangan 1-10) dengan benar.

D. Materi Pembelajaran
1.      Ungkapan sayang
2.      pengurangan bilangan 1-10

E. Metode Pembelajaran
Pendekatan            : Saintifik
Metode                  : - Ceramah
                                 - Diskusi
                                 - Tanya jawab
                                 - Permainan

F. Langkah-langkah Pembelajaran 
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Nilai Karakter
Alokasi
Waktu
Pendahuluan

1.    Guru mengucap salam
Religius
15 menit
2.    Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
Religius
3.    Siswa membaca teks pancasila
Nasionalis

4.    Mengecek kehadiran siswa
Integritas

  1. Guru mengajak siswa untuk melakukan kegiatan apersepsi:
  2. Guru menyebutkan: “tepuk 1” lalu siswa bertepuk 1 kali.
  3. “tepuk 2” lalu siswa bertepuk 2 kali.
  4. “tepuk 3” lalu siswa bertepuk 3 kali.
  5. “tepuk 0” siswa tidak bertepuk.

6.    Guru mengingatkan siswa pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.

7.    Guru menjelaskan cakupan materi dan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari hari ini



Kegiatan Inti
8.      Siswa mengamati teks lagu ‘’bunda piara’’
Mandiri















110 Menit







9.      siswa membaca teks lagu secara bergantian
Mandiri
10.  Siswa mendengarkan contoh dari guru cara menyanyikan lagu ‘’bunda piara’’ 
Mandiri
11.  Siswa dan guru berdiskusi tentang ungkapa sayang yang ada di dalam lagu
Gotong royong

12.  Siswa dan guru bertanya jawab tentang kenangan masa kecil anak yang menyenangkan
Mandiri
13.  Siswa mengerjakan LK 1
Gotong royong
14.  Siswa membacakan hasil pekerjaannya di depan kelas
Mandiri
15.  Siswa mengamati gambar siamang di kebun binatang
Gotong royong
16.  Siswa dan guru bertanya jawab tentang jumlah siamang di dalam gambar 
Mandiri
17.  Siswa mendengarkan cerita guru tentang gambar yang di dalamnya terdapat contoh soal cerita pengurangan
Gotong royong

18.  Siswa mendengarkan penjelasan guru cara menyelesaikan soal pegurangan
Mandiri
19.  Siswa mengerjakan LK 2
Mandiri
20.  Siswa membacakan hasil pekerjaannya di depan kelas
Mandiri
Penutup
21.  Siswa dan guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran hari ini
Gotong royong
15 menit
22.  Siswa mengerjakan soal evaluasi.
Mandiri

23.  Siswa melakukan refleksi seluruh  kegiatan yang sudah dilakukan selama sehari bersama dengan guru.
Gotong royong
24.  Pembelajaran ditutup dengan doa bersama.
Religius

G. Penilaian
1. Jenis dan Teknik Penilaian
a)      Penilaian sikap
b)      Penilaian pengetahuan
c)      Penilaian ketrampilan
2. Instrumen Penilaian
a)      Lembar observasi (Pengamatan Sikap)
b)      Tes tulis dan lisan
c)      Lembar ketrampilan
3. Remidial dan Pengayaan Pembelajaran
Pembelajaran tugas sesuai materi

H. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a.    Teks lagu ‘’bunda piara’’
b.    Gambar hewan di kebun binatang
2. Sumber pembelajaran:
a)      Buku Guru Kelas 1 Tema 2 SD/MI Tahun 2017
b)      Buku Siswa Kelas 1 Tema 2 SD/MI Tahun 2017



Guru Kelas



________________________
NIP.   
Malang,
Guru Praktikan



Dodik Dwi Setyo Budi,S.Pd


Kepala Sekolah




________________________
  NIP.

Silahkan gunakan download Link di bawah ini untuk file RPP lengkap beserta lampirannya. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di kolom komentar, satu saran dari anda sangat berguna untuk Mr.D.
Download Button

Tidak ada komentar:

Posting Komentar