RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SDN
Sumbersari I
|
Kelas/
Semester
|
:
|
III/
I
|
Tema
|
:
|
2.
Menyayangi tumbuhan dan hewan
|
Subtema
|
:
|
3.
Menyayangi tumbuhan
|
Pembelajaran
|
:
|
4
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
3 X
35
|
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI 1
|
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
|
KI 3
|
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
|
KI 4
|
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang msencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator pencapaian Kompetensi
Muatan Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
PPKn
|
3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik
individu di lingkungan sekitar
|
3.3.1 Membuat daftar tugas anggota keluarga
sesuai dengan perannya dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
4.3 Menyajikan makna keberagaman karakteristik
individu di lingkungan sekitar
|
4.3.1 Menceritakan pengalaman menjalankan tugas berkaitan dengan perannya
dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
|
Bahasa Indonesia
|
3.5 Menggali informasi tentang cara-cara
perawatan tumbuhan dan hewan melalui wawancara dan/atau eksplorasi lingkungan
|
3.5.1 Membuat
pertanyaan wawancara
mengenai cara-cara perawatan tumbuhan
|
4.5 Menyajikan hasil wawancara tentang
cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan dalam bentuk tulis dan visual
menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif
|
4.5.1 Melaporkan
hasil wawancara mengenai cara-cara perawatan tumbuhan
|
|
PJOK
|
3.2 Memahami kombinasi gerak dasar
non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan
dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
|
3.2.1 Menjelaskan prosedur kombinasi gerakan
memutar dan menekuk dalam permainan tapak gunung
|
4.2 Mempraktikkan gerak kombinasi gerak dasar
non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan
dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
|
4.2.1 Mempraktikkan
prosedur kombinasi gerakan memutar dan menekuk dalam permainan tapak gunung.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat
daftar tugas anggota keluarga sesuai dengan perannya dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dengan benar
2.
Setelah bertanya jawab, siswa mampu menceritakan pengalaman menjalankan tugas
berkaitan dengan perannya dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan
benar.
3.
Setelah mendengarkan penjelasan guru,
siswa mampu membuat pertanyaan mengenai cara-cara perawatan tumbuhan dengan benar.
4.
Setelah melakukan kegiatan wawancara,
siswa mampu Melaporkan hasil
wawancara mengenai cara-cara perawatan tumbuhan dengan benar
5.
Setelah
mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan prosedur kombinasi
gerakan memutar dan menekuk dalam permainan tapak gunung dengan benar.
6.
Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan memutar dan
menekuk dalam permainan tapak gunung dengan benar.
D.
Materi Pembelajaran
1. Tugas
anggota keluarga
2. Wawancara
3. Permainan
tapak gunung
E. Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Metode : - Ceramah
-
Diskusi
-
Tanya jawab
-
Penugasan
F. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Nilai Karakter
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
mengucap salam
|
Religius
|
15 menit
|
2.
Salah
satu siswa diminta untuk memimpin doa.
|
Religius
|
||
3.
Siswa
menyanyikan lagu indonesia raya
|
Nasionalis
|
||
4.
Mengecek
kehadiran siswa
|
Integritas
|
||
5.
Guru
mengingatkan pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan
disampaikan hari ini.
|
|||
6.
Guru
menjelaskan cakupan materi dan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari hari
ini
|
|||
Kegiatan
Inti
|
7. Siswa
mengamati gambar kgiatan bersih-bersih di rumah
|
Mandiri
|
75 Menit
|
8. Siswa
dan guru berdiskusi tentang kegiatan yang dilakukan di dalam gambar
|
Gotong royong
|
||
9. Siswa
dan guru bertanya jawab tentang tugas siswa di rumah
|
Gotong royong
|
||
10. Siswa
menceritakan pengalamannya dalam melaksanakan tugas sehari-hari
|
Mandiri
|
||
11. Siswa
dan guru berdiskusi tentang tugas setiap anggota keluarga di rumah
|
Gotong royong
|
||
12.
Siswa mengerjakan LK 1 tugas-tugasku di rumah
|
Gotong royong
|
||
13.
Siswa membacakan hasil pekerjaannya di depan kelas
|
Gotong royong
|
||
14.
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa (siapa
yang bertugas merawat tanaman di rumah?)
|
Gotong royong
|
||
15.
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang
penggunaan kata tanya
|
Mandiri
|
||
16.
Siswa dan guru bertanya jawab tentang kegiatan
wawancara
|
Gotong royong
|
||
17.
Guru memberikan contoh kepada siswa cara membuat
daftar pertanyaan dalam wawancara
|
Gotong royong
|
||
18.
Siswa mencoba membuat sendiri daftar pertanyaan
wawancara tentang cara perawatan tanaman di LK 2
|
Mandiri
|
||
19.
Siswa membacakan hasil pekerjaannya di depan kelas
|
Mandiri
|
||
20.
Siswa dan guru bertanya jawab tentang pentingnya
berolahraga
|
Mandiri
|
||
21.
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang
peraturan permainan tapak gunung
|
|||
22.
Sebelum bermain, siswa melakukan pemanasan
terlebih dahulu
|
|||
23. Siswa mempraktikan
gerakan melompat, menekuk dan memutar dalam permainan tapak gunung.
|
Gotong royong
|
||
24. Siswa dibagi dalam
beberapa kelompok saat bermain tapak gung
|
|||
Penutup
|
25.
Siswa
dan guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran hari ini
|
Gotong royong
|
15 menit
|
26.
Siswa
mengerjakan soal evaluasi
|
|||
27.
Siswa
melakukan refleksi seluruh kegiatan
yang sudah dilakukan selama sehari bersama dengan guru.
|
Mandiri
|
||
28. Guru
memberikan pesan – pesan pada siswa untuk selalu belajar disetiap waktu
|
Gotong royong
|
||
29. Guru
menyampaikan materi pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
|||
30. Pembelajaran ditutup dengan doa bersama.
|
Religius
|
G. Penilaian
1. Jenis dan Teknik Penilaian
a)
Penilaian
sikap
b)
Penilaian
pengetahuan
c) Penilaian
ketrampilan
2. Instrumen Penilaian
a) Lembar observasi (Pengamatan Sikap)
b) Tes tulis dan lisan
c) Lembar ketrampilan
3. Remidial dan Pengayaan Pembelajaran
Pembelajaran tugas sesuai materi
H. Media,
Alat dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
a.
Gambar kegiatan di rumah
b.
Teks bacaan kegiatanku
2.
Sumber pembelajaran:
1.
Buku
Pedoman Guru Tema : Menyayangi tumbuhan dan hewan
Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2018, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
2.
Buku
Siswa Tema : Menyayangi tumbuhan dan hewan
Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2018, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
Guru Kelas
________________________
NIP.
|
Malang,
Guru Praktikan
Dodik Dwi Setyo Budi,S.Pd
|
Kepala
Sekolah
________________________
NIP.
|
Silahkan gunakan download Link di bawah ini untuk file RPP lengkap beserta lampirannya. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di kolom komentar, satu saran dari anda sangat berguna untuk Mr.D.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar