RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SDN
Sumbersari I
|
Kelas/
Semester
|
:
|
II/
I
|
Tema
|
:
|
1.
Hidup rukun
|
Subtema
|
:
|
3.
Hidup rukun di sekolah
|
Pembelajaran
|
:
|
1
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
4 X
35 (1 X Pertemuan)
|
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI 1
|
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
|
KI 3
|
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
|
KI 4
|
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang msencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator pencapaian Kompetensi
Muatan Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Bahasa Indonesia
|
3.1 Merinci ungkapan, ajakan, perintah,
penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap
hidup rukun
|
3.1.1
Menyebutkan
isi teks yang berisi kalimat perintah.
3.1.2
Melengkapi kalimat perintah dengan kata yang tepat.
|
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah,
penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
|
4.1.1
Membuat contoh kalimat perintah.
|
|
Matematika
|
3.3 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan
pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam
kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
|
3.3.1
Menyatakan
kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan
|
4.3 Menyelesaikan masalah penjumlahan dan
pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan 999 dalam kehidupan sehari-hari
serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
|
4.3.1 Menyelesaikan penjumlahan dua bilangan
dengan cara panjang
4.3.2
Menyelesaikan penjumlahan dua bilangan dengan cara pendek
|
|
SBdP
|
3.1 Mengenal karya imajinatif dua dan tiga
dimensi
|
3.1.1
Menyebutkan alat dan bahan menggambar imajinatif
|
4.1 Membuat karya imajinatif dua dan tiga
dimensi
|
4.1.1 Menggambar
karya imajinatif berdasarkan pengalaman atau benda yang dilihatnya
|
C. Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah membaca teks, siswa dapat menyebutkan
isi teks yang berisi kalimat perintah
dengan benar
2.
Setelah mendengarkan penjelasan guru,
siswa dapat melengkapi kalimat perintah dengan tepat.
3.
Setelah berdiskusi, siswa dapat membuat contoh
kalimat perintah dengan tepat
4.
Dengan diberikan benda konkret, siswa dapat menyatakan kalimat matematika
yang berkaitan dengan masalah penjumlahan dengan benar.
5.
Dengan diberikan benda konkret, siswa dapat melakukan penjumlahan dua
bilangan dengan cara panjang dengan benar.
6.
Dengan diberikan benda konkret, siswa dapat melakukan penjumlahan dua
bilangan dengan cara pendek dengan benar
7.
Setelah mengamati contoh gambar imajinatif, siswa dapat menyebutkan alat dan bahan menggambar imajinatif
denga tepat
8.
Setelah mengamati contoh gambar imajinatif, siswa dapat menggambar karya imajinatif berdasarkan pengalaman
atau benda yang dilihatnya dengan baik
D.
Materi Pembelajaran
1. Kalimat
perintah
2. Penjumlahan
3. Gambar
imajinatif
E. Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Metode : - Ceramah
-
Diskusi
-
Tanya jawab
-
Permainan
F. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Nilai Karakter
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru mengucap salam
|
Religius
|
15 menit
|
2. Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
|
Religius
|
||
3. Siswa membaca teks pancasila
|
Nasionalis
|
||
4. Mengecek kehadiran siswa
|
Integritas
|
||
5. Guru mengingatkan siswa pelajaran sebelumnya
dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
|
|||
6. Guru menjelaskan cakupan materi dan tujuan
pembelajaran yang akan dipelajari hari ini
|
|||
Kegiatan
Inti
|
7. Siswa mengamati gambar percakapan antara
Udin dan ibunya
|
Mandiri
|
110 Menit
|
8. Siswa menyebutkan kalimat perintah yang terdapat
dalam teks percakapan
|
Mandiri
|
||
9. Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang cara membuat kalimat perintah
|
Mandiri
|
||
10. Siswa mencoba membuat kalimat perintah dengan benar
|
Religius
|
||
11. Siswa
membacakan pekerjaanya di depan kelas
|
Mandiri
|
||
12. Siswa mengerjakan soal melengkapi kalimat rumpang, sehingga menjadi
kalimat perintah yang benar.
|
Gotong royong
|
||
13. Siswa menghitung jumlah teman laki-laki dan perempuan yang terdapat di kelas.
|
|||
14. Siswa mengamati penjelasan guru tentang cara menjumlah dengan cara panjang dan cara pendek
|
|||
15.
Siswa mengerjakan soal dengan
menggunakan penjumlahan cara panjang dan pendek.
|
|||
16. Siswa mengamati
gambar imajinatif
|
Mandiri
|
||
17. Siswa dan guru berdiskusi tentang alat dan
bahan menggambar karya imajinaif
|
Kerjasama
|
||
18.
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang cara menggambar imajinatif
|
Mandiri
|
||
19. Siswa
menggambar karya imajinatif berdasarkan pengalaman atau benda yang dilihatnya
|
Mandiri
|
||
Penutup
|
20.
Siswa
dan guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran hari ini
|
Gotong royong
|
15 menit
|
21.
Siswa
mengerjakan soal evaluasi.
|
Mandiri
|
||
22.
Siswa
melakukan refleksi seluruh kegiatan
yang sudah dilakukan selama sehari bersama dengan guru.
|
Gotong royong
|
||
23.
Pembelajaran
ditutup dengan doa bersama.
|
Religius
|
G. Penilaian
1. Jenis dan Teknik Penilaian
a)
Penilaian
sikap
b)
Penilaian
pengetahuan (Menyebutkan kalimat perintah, melengkapi kalimat rumpang dan
mengidentifikasi alat-bahan karya imajinatif )
c) Penilaian
ketrampilan (Membuat
kalimat perintah, menggambar karya imajinatif)
2. Instrumen Penilaian
a) Lembar observasi (Pengamatan Sikap)
b) Tes tulis dan lisan
c) Lembar ketrampilan
3. Remidial dan Pengayaan Pembelajaran
Pembelajaran tugas sesuai materi
H. Media,
Alat dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
a.
Gambar percakapan Udin dan ibunya
b.
Gambar imajinatif
c.
Papan berhitung
2.
Sumber pembelajaran:
a)
Buku
Guru Kelas 2 Tema 1 SD/MI Tahun 2017
b)
Buku
Siswa Kelas 2 Tema 1 SD/MI Tahun 2017
Guru Kelas
________________________
NIP.
|
Malang,
Guru Praktikan
Dodik Dwi Setyo Budi,S.Pd
|
Kepala
Sekolah
________________________
NIP.
|
Silahkan gunakan download Link di bawah ini untuk file RPP lengkap beserta lampirannya. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di kolom komentar, satu saran dari anda sangat berguna untuk Mr.D.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar