RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SDN
Sumbersari I
|
Kelas/
Semester
|
:
|
IV/
I
|
Tema
|
:
|
4.
Berbagai Pekerjaan
|
Subtema
|
:
|
3.
Pekerjaan Orang Tuaku
|
Pembelajaran
|
:
|
4
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
4 X
35
|
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI 1
|
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
|
KI 3
|
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
|
KI 4
|
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator pencapaian Kompetensi
Muatan Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
PPKn
|
3.1 Memahami makna hubungan simbol dengan
sila-sila Pancasila.
|
3.1.1
Menghubungkan sikap tokoh cerita dengan pengamalan sila ketiga Pancasila
|
4.1 Menjelaskan makna hubungan simbol dengan
sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1.1
Menceritakan kegiatan sehari-hari yang sesuai sila ketiga pancasila
|
|
Bahasa Indonesia
|
3.5 Menguraikan pendapat pribadi tentang isi
buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya).
|
3.5.1
Mengidentifikasi unsur intrinsik dari cerita
|
4.5 Menyajikan petunjuk penggunaan alat dalam
bentuk teks tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
|
4.5.1
Menuliskan unsur intrinsik cerita yang dibaca dalam bentuk peta pikiran
|
C. Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah berdiskusi, siswa dapat menghubungkan
sikap tokoh cerita dengan pengamalan sila ketiga Pancasila dengan benar
2.
Setelah berdiskusi, siswa dapat menceritakan
kegiatan sehari-hari yang sesuai sila ketiga pancasila dengan benar.
3.
Setelah membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi
unsur intrinsik dari cerita dengan benar
4.
Setelah
berdiskusi, siswa dapat menuliskan unsur intrinsik cerita yang dibaca dalam
bentuk peta pikirandengan benar
D.
Materi Pembelajaran
1. Pengamalan
sila ke 3 Pancasila
2.
Unsur
itrinsik cerita
E. Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Metode : - Ceramah
-
Diskusi
-
Tanya jawab
-
Permainan
F. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Nilai Karakter
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru mengucap salam
|
Religius
|
15 menit
|
2. Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
|
Religius
|
||
3. Siswa membaca teks pancasila
|
Nasionalis
|
||
4. Mengecek kehadiran siswa
|
Integritas
|
||
5. Guru mengingatkan siswa pelajaran sebelumnya
dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
|
|||
6. Guru menjelaskan cakupan materi dan tujuan
pembelajaran yang akan dipelajari hari ini
|
|||
Kegiatan
Inti
|
7. Siswa
dan guru bertanya jawab tentang tugas kepala desa (menanya)
|
Mandiri
|
110 Menit
|
8. Siswa
dan guru tentang pengertian unsur intrinsik
cerita (menanyai)
|
Mandiri
|
||
9. Siswa
mendengarkan penjelasan guru macam-macam unsur intrinsik dalam cerita
|
|||
10. Siswa
membaca teks ‘’Pentingnya Bertegur Sapa’’, guru menyuruh siswa membaca secara
bergantian (mengumpulkan data)
|
Gotong royong
|
||
11. Siswa
menceritakan kembali teks yang telah dibaca dengan bahasanya sendiri
(mengkomunikasikan)
|
Mandiri
|
||
12. Siswa
mengidentifikasi unsur instrinsik cerita ‘’Pentingnya Bertegur Sapa’’
|
Mandiri
|
||
13. Guru
bertanya jawab dengan siswa tentang hal-hal baik yang bisa di contoh dari
cerita ‘’Pentingnya Bertegur Sapa’’
|
|||
14. Guru
bertanya pada siswa bunyi sila ke 3 Pancasila
|
Gotong royong
|
||
15. Siswa
dan guru berdiskusi tentang sikap yang sesuai dalam pengamalan sila ke 3
Pancasila
|
Gotong royong
|
||
16. Siswa
menyebutkan contoh sikap pengamalan sila ke 3 yang ada pada teks cerita.
(mengamati)
|
Mandiri
|
||
17. Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang pentingnya saling menjaga kerukunan
antar warga
|
Mandiri
|
||
18. Siswa
mengerjakan LK (mencoba)
|
Mandiri
|
||
19.
Siswa membacakan hasil pekerjaannya
di depan kelas (mengkomunikasikan)
|
Mandiri
|
||
Penutup
|
20.
Siswa
dan guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran hari ini
|
15 menit
|
|
21.
Siswa
mengerjakan soal evaluasi.
|
Mandiri
|
||
22.
Siswa
melakukan refleksi seluruh kegiatan
yang sudah dilakukan selama sehari bersama dengan guru.
|
Gotong royong
|
||
23.
Pembelajaran
ditutup dengan doa bersama.
|
Religius
|
G. Penilaian
1. Jenis dan Teknik Penilaian
a)
Penilaian
sikap
b)
Penilaian
pengetahuan
c) Penilaian
ketrampilan
2. Instrumen Penilaian
a) Lembar observasi (Pengamatan Sikap)
b) Tes tulis dan lisan
c) Lembar ketrampilan
3. Remidial dan Pengayaan Pembelajaran
Pembelajaran tugas sesuai materi
H. Media,
Alat dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
a.
Teks cerita ‘’Pentingnya Bertegur Sapa’’
b.
Gambar pengamalan sila ke 3 Pancasila
2.
Sumber pembelajaran:
a)
Buku
Guru Kelas 4 Tema 4 SD/MI Tahun 2017
b)
Buku
Siswa Kelas 4 Tema 4 SD/MI Tahun 2017
Guru Kelas
________________________
NIP.
|
Malang,
Guru Praktikan
Dodik Dwi Setyo Budi,S.Pd
|
Kepala
Sekolah
________________________
NIP.
|
Silahkan gunakan download Link di bawah ini untuk file RPP lengkap beserta lampirannya. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di kolom komentar, satu saran dari anda sangat berguna untuk Mr.D.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar