RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SDN
Sumbersari I
|
Kelas/
Semester
|
:
|
III/
I
|
Tema
|
:
|
3.
Benda di sekitarku
|
Subtema
|
:
|
3.
Perubahan wujud benda
|
Pembelajaran
|
:
|
2
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
4 X
35
|
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI 1
|
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
|
KI 3
|
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
|
KI 4
|
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang msencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator pencapaian Kompetensi
Muatan Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
PPKn
|
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu dalam
kehidupan sehari-hari.
|
3.1.1
Menjelaskan peran warga di sekolah
|
4.3 Menceritakan makna keberagaman karakteristik individu
dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.1.1
Membedakan peran warga di sekolah
|
|
Bahasa Indonesia
|
3.1 Menggali informasi tentang konsep perubahan
wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan,
tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
|
3.1.1 Mengidentifikasi perubahan wujud benda
(membeku)
|
4.1 Menyajikan hasil informasi tentang konsep
perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis,
dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
|
4.1.1
Menunjukan contoh perubahan wujud benda (membeku)
|
|
PJOK
|
3.3 Memahami kombinasi gerak dasar manipulatif
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
3.7.1 Menjelaskan langkah-langkah gerak menendang
bola
|
4.3 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar
manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
4.7.1 Mempraktikan tekhnik menendang bola
|
C. Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah berdiskusi siswa dapat, menjelaskan peran
warga di sekolah dengan benar
2.
Setelah mendengarkan penjelasan guru,
siswa dapat membedakan
peran warga di sekolah dengan benar.
3.
Setelah mendengarkan penjelasan guru,
siswa dapat mengidentifikasi
perubahan wujud benda (membeku) dengan benar
4.
Setelah
berdiskusi, siswa dapat menunjukan contoh perubahan wujud benda (membeku) dengan
benar
5.
Setelah mendengarkan penjelasan guru,
siswa dapat menjelaskan
langkah-langkah gerak menendang bola dengan benar.
6.
Setelah mengamati contoh dari guru, siswa
dapat mempraktikan
tekhnik menendang bola dengan benar.
D.
Materi Pembelajaran
1. Peran
warga sekolah
2. Perubahan wujud
benda (membeku)
3. Tekhnik
menendang bola
E. Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Model :
Contextual Teaching and Learning (CTL)
Metode : - Ceramah
-
Diskusi
-
Tanya jawab
-
Permainan
F. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Nilai Karakter
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru mengucap salam
|
Religius
|
15 menit
|
2. Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
|
Religius
|
||
3. Siswa membaca teks pancasila
|
Nasionalis
|
||
4. Mengecek kehadiran siswa
|
Integritas
|
||
5. Guru mengingatkan siswa pelajaran sebelumnya
dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
|
|||
6. Guru menjelaskan cakupan materi dan tujuan pembelajaran
yang akan dipelajari hari ini
|
|||
Kegiatan
Inti
|
7. Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang perubahan wujud benda membeku
(mengamati)
|
Mandiri
|
110 Menit
|
8. Siswa
menyebutkan contoh benda yang mengalami perubahan wujud membeku
|
Mandiri
|
||
9. Siswa
dan guru bertanya jawab tentang penyebab benda bisa mengalami perubahan wujud
membeku (menanya)
|
Gotong royong
|
||
10. Siswa
mengamati percobaan perubahan wujud benda membeku (mengumpulkan data)
|
Mandiri
|
||
11. Guru
meminta beberapa siswa untuk membantu kegiatan percobaan di depan
|
Gotong royong
|
||
12. Siswa
memasukan susu ke dalam kantong plastik kecil, kemudian dimasukan ke dalam
kantong plastik yang lebih besar berisi es batu dan campuran garam. Kemudian
dikocok selama 5 menit (mengumpulkan data)
|
Gotong royong
|
||
13. Guru
dan siswa bertanya jawab ‘’apa yang akan terjadi pada susu tersebut’’
(menanya)
|
Gotong royong
|
||
14. Siswa
mengerjakan LK 1
|
Mandiri
|
||
15. Siswa
membacakan hasil pekerjaannya di depan kelas (mengkomunikasikan)
|
Integritas
|
||
16. Guru
bertanya pada siswa ‘’apakah setiap siswa di kelas memiliki peran yang
berbeda?’’ (menanya)
|
Gotong royong
|
||
17. Siswa
dan guru berdiskusi tentang peran siswa di kelas
|
Gotong royong
|
||
18. Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa
pembagian peran yang baik di dalam kelas akan membuat pekerjaan lebih mudah (mengamati)
|
Mandiri
|
||
19. Siswa dan guru bertanya jawab tentang jenis
pembagian peran di sekolah. (menanya)
|
Gotong royong
|
||
20. Siswa
berdiskusi tentang pentingnya pembagian peran di sekolah.
|
Gotong royong
|
||
21. Siswa
mengerjakan LK 2
|
Mandiri
|
||
22. Siswa
membacakan hasil pekerjaannnya di depan kelas. (mengkomunikasikan)
|
Integritas
|
||
23. Siswa
dan guru bertanya jawab tentang pembagian peran dalam sebuah permainan bola
(menanya)
|
Mandiri
|
||
24. Siswa
menjelaskan peran setiap pemain sepak bola (mengamati)
|
Gotong royong
|
||
25. Siswa mendengarkan penjelasan guru cara
menendang bola yang tepat (mengamati)
|
Mandiri
|
||
26. Siswa
diajak keluar kelas untuk mempraktikan kegiatan menendang bola.
|
Mandiri
|
||
27. Sebelum
memulai kegiatan, siswa diajak melakukan pemanasan terlebih dahulu dengan
melakukan permainan “mencari” dan “membeku
|
Mandiri
|
||
28. Guru
menjelaskan aturan permainan sebelum bermain
|
Mandiri
|
||
29. Siswa
memerhatikan contoh dari guru tendangan dengan menggunakan kaki bagian luar
dan dilanjutkan dengan punggung kaki (mengamati)
|
Gotong royong
|
||
30. Siswa
secara bergantian melakukan kegiatan menendang bola
|
Gotong royong
|
||
31. Siswa
membuat dua barisan yang berhadapan, secara bergantian anak menendang dan menangkap
bola.
|
Gotong royong
|
||
32. Siswa
mempraktikan gerakan menendang bola ke dalam gawang.
|
Integritas
|
||
Penutup
|
33.
Siswa
dan guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran hari ini
|
Gotong royong
|
15 menit
|
34.
Siswa
mengerjakan soal evaluasi.
|
Mandiri
|
||
35.
Siswa
melakukan refleksi seluruh kegiatan
yang sudah dilakukan selama sehari bersama dengan guru.
|
Gotong royong
|
||
36.
Pembelajaran
ditutup dengan doa bersama.
|
Religius
|
G. Penilaian
1. Jenis dan Teknik Penilaian
a)
Penilaian
sikap
b)
Penilaian
pengetahuan
c) Penilaian ketrampilan
2. Instrumen Penilaian
a) Lembar observasi (Pengamatan Sikap)
b) Tes tulis dan lisan
c) Lembar ketrampilan
3. Remidial dan Pengayaan Pembelajaran
Pembelajaran tugas sesuai materi
H. Media,
Alat dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
a.
Bola, gawang
b.
Air, es batu, kantong plastik dan garam
2.
Sumber pembelajaran:
a)
Buku
Guru Kelas 3 Tema 3 SD/MI Tahun 2017
b)
Buku
Siswa Kelas 3 Tema 3 SD/MI Tahun 2017
Guru Kelas
________________________
NIP.
|
Malang,
Guru Praktikan
Dodik Dwi Setyo Budi,S.Pd
|
Kepala
Sekolah
________________________
NIP.
Silahkan gunakan download Link di bawah ini untuk file RPP lengkap beserta lampirannya. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di kolom komentar, satu saran dari anda sangat berguna untuk Mr.D.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar