Rabu, 18 September 2019

RPP Kelas 3 Tema 3. Benda di Sekitarku Subtema 3. Perubahan Wujud Benda Pembelajaran 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan
:
SDN Sumbersari I
Kelas/ Semester
:
III/ I
Tema
:
3. Benda di sekitarku
Subtema
:
3. Perubahan wujud benda
Pembelajaran
:
2
Alokasi Waktu 
:
4 X 35

A. Kompetensi Inti (KI)
KI 1
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang msencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator pencapaian Kompetensi
Muatan Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
PPKn
3.3   Memahami makna keberagaman  karakteristik individu  dalam  kehidupan  sehari-hari.

3.1.1 Menjelaskan peran warga di sekolah
4.3  Menceritakan  makna keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
4.1.1 Membedakan peran warga di sekolah
Bahasa Indonesia
3.1  Menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

3.1.1  Mengidentifikasi perubahan wujud benda (membeku)
4.1  Menyajikan hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
4.1.1 Menunjukan contoh perubahan wujud benda (membeku)
PJOK
3.3  Memahami kombinasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.7.1  Menjelaskan langkah-langkah gerak menendang bola
4.3  Mempraktikkan kombinasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.7.1  Mempraktikan tekhnik menendang bola

C. Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah berdiskusi siswa dapat, menjelaskan peran warga di sekolah dengan benar
2.      Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat membedakan peran warga di sekolah dengan benar.
3.      Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi perubahan wujud benda (membeku) dengan benar
4.      Setelah berdiskusi, siswa dapat menunjukan contoh perubahan wujud benda (membeku) dengan benar
5.      Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan langkah-langkah gerak menendang bola dengan benar.
6.      Setelah mengamati contoh dari guru, siswa dapat mempraktikan tekhnik menendang bola dengan benar.


D. Materi Pembelajaran
1.      Peran warga sekolah
2.      Perubahan wujud benda (membeku)
3.      Tekhnik menendang bola

E. Metode Pembelajaran
Pendekatan            : Saintifik
Model                    : Contextual Teaching and Learning (CTL)
Metode                  : - Ceramah
                                 - Diskusi
                                 - Tanya jawab
                                 - Permainan

F. Langkah-langkah Pembelajaran 
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Nilai Karakter
Alokasi
Waktu
Pendahuluan

1.      Guru mengucap salam
Religius
15 menit
2.      Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
Religius
3.      Siswa membaca teks pancasila
Nasionalis

4.      Mengecek kehadiran siswa
Integritas

5.      Guru mengingatkan siswa pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.

6.      Guru menjelaskan cakupan materi dan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari hari ini



Kegiatan Inti
7.      Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang perubahan wujud benda membeku (mengamati)
Mandiri















110 Menit







8.      Siswa menyebutkan contoh benda yang mengalami perubahan wujud membeku
Mandiri
9.      Siswa dan guru bertanya jawab tentang penyebab benda bisa mengalami perubahan wujud membeku (menanya)
Gotong royong
10.  Siswa mengamati percobaan perubahan wujud benda membeku (mengumpulkan data)
Mandiri
11.  Guru meminta beberapa siswa untuk membantu kegiatan percobaan di depan
Gotong royong
12.  Siswa memasukan susu ke dalam kantong plastik kecil, kemudian dimasukan ke dalam kantong plastik yang lebih besar berisi es batu dan campuran garam. Kemudian dikocok selama 5 menit (mengumpulkan data)
Gotong royong
13.  Guru dan siswa bertanya jawab ‘’apa yang akan terjadi pada susu tersebut’’ (menanya)
Gotong royong
14.  Siswa mengerjakan LK 1
Mandiri
15.  Siswa membacakan hasil pekerjaannya di depan kelas (mengkomunikasikan)
Integritas

16.  Guru bertanya pada siswa ‘’apakah setiap siswa di kelas memiliki peran yang berbeda?’’ (menanya)
Gotong royong
17.  Siswa dan guru berdiskusi tentang peran siswa di kelas
Gotong royong
18.  Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa pembagian peran yang baik di dalam kelas akan membuat pekerjaan lebih mudah (mengamati)
Mandiri
19.  Siswa dan guru bertanya jawab tentang jenis pembagian peran di sekolah. (menanya)
Gotong royong
20.  Siswa berdiskusi tentang pentingnya pembagian peran di sekolah.
Gotong royong
21.  Siswa mengerjakan LK 2
Mandiri
22.  Siswa membacakan hasil pekerjaannnya di depan kelas. (mengkomunikasikan)
Integritas

23.  Siswa dan guru bertanya jawab tentang pembagian peran dalam sebuah permainan bola (menanya)
Mandiri
24.  Siswa menjelaskan peran setiap pemain sepak bola (mengamati)
Gotong royong

25.  Siswa mendengarkan penjelasan guru cara menendang bola yang tepat (mengamati)
Mandiri
26.  Siswa diajak keluar kelas untuk mempraktikan kegiatan menendang bola.
Mandiri
27.  Sebelum memulai kegiatan, siswa diajak melakukan pemanasan terlebih dahulu dengan melakukan permainan “mencari” dan “membeku
Mandiri
28.  Guru menjelaskan aturan permainan sebelum bermain
Mandiri
29.  Siswa memerhatikan contoh dari guru tendangan dengan menggunakan kaki bagian luar dan dilanjutkan dengan punggung kaki (mengamati)
Gotong royong

30.  Siswa secara bergantian melakukan kegiatan menendang bola
Gotong royong


31.  Siswa membuat dua barisan yang berhadapan, secara bergantian anak menendang dan menangkap bola.
Gotong royong


32.  Siswa mempraktikan gerakan menendang bola ke dalam gawang.
Integritas

Penutup
33.  Siswa dan guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran hari ini
Gotong royong
15 menit
34.  Siswa mengerjakan soal evaluasi.
Mandiri

35.  Siswa melakukan refleksi seluruh  kegiatan yang sudah dilakukan selama sehari bersama dengan guru.
Gotong royong
36.  Pembelajaran ditutup dengan doa bersama.
Religius

G. Penilaian
1. Jenis dan Teknik Penilaian
a)      Penilaian sikap
b)      Penilaian pengetahuan
c)      Penilaian ketrampilan
2. Instrumen Penilaian
a)      Lembar observasi (Pengamatan Sikap)
b)      Tes tulis dan lisan
c)      Lembar ketrampilan
3. Remidial dan Pengayaan Pembelajaran
Pembelajaran tugas sesuai materi

H. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a.    Bola, gawang
b.    Air, es batu, kantong plastik dan garam
2. Sumber pembelajaran:
a)      Buku Guru Kelas 3 Tema 3 SD/MI Tahun 2017
b)      Buku Siswa Kelas 3 Tema 3 SD/MI Tahun 2017



Guru Kelas



________________________
NIP.   


Malang,
Guru Praktikan



Dodik Dwi Setyo Budi,S.Pd


Kepala Sekolah



________________________
  NIP.



Silahkan gunakan download Link di bawah ini untuk file RPP lengkap beserta lampirannya. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di kolom komentar, satu saran dari anda sangat berguna untuk Mr.D.
Download Button

Tidak ada komentar:

Posting Komentar