RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SDN
Sumbersari I
|
Kelas/
Semester
|
:
|
III/
I
|
Tema
|
:
|
3.
Benda di sekitarku
|
Subtema
|
:
|
4.
Keajaiban Perubahan Wujud di Sekitarku
|
Pembelajaran
|
:
|
1
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
4 X
35
|
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI 1
|
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
|
KI 3
|
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
|
KI 4
|
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang msencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator pencapaian Kompetensi
Muatan Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Bahasa Indonesia
|
3.1 Menggali informasi tentang konsep perubahan
wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan,
tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
|
3.1.1
Menjelaskan proses pembuatan garam
|
4.1 Menyajikan hasil informasi tentang konsep
perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis,
dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
|
4.1.1
Menceritakan proses pembuatan gambar dalam bentuk cerita bergambar
|
|
Matematika
|
3.7 Mendeskripsikan dan menentukan hubungan
antar satuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan
dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.1.1 Menjelaskan konversi waktu
|
4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan hubungan antarsatuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya
digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.7.1
Mengkonversi waktu dengan satuan waktu lainnya
|
|
SBdP
|
3.4 Mengetahui teknik potong, lipat, dan
sambung.
|
3.4.1 Mengidentifikasi teknik melipat kain
|
4.4 Membuat karya dengan teknik potong, lipat,
dan sambung
|
4.4.1 Mempraktikan macam-macam teknik melipat
|
C. Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah membaca teks, siswa dapat menjelaskan proses
pembuatan garam dengan benar
2.
Setelah mengamati cerita bergambar,
siswa dapat menceritakan
kembali pokok informasi terkait teks dengan bahasa sendiri dengan benar.
3.
Setelah mendengarkan penjelasan guru,
siswa dapat menjelaskan
konversi waktu dengan benar
4.
Setelah
berdiskusi, siswa dapat mengkonversi waktu dengan satuan waktu lainnya dengan benar
5.
Setelah mendengarkan penjelasan guru,
siswa dapat mengidentifikasi
teknik melipat kain dengan
benar.
6.
Setelah mengamati contoh dari guru, siswa
dapat m/empraktikan
macam-macam teknik melipat dengan benar.
D.
Materi Pembelajaran
1. Proses
pembuatan garam
2. Konversi waktu
3. Tekhnik melipat
kain
E. Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Model :
Contextual Teaching and Learning (CTL)
Metode : - Ceramah
-
Diskusi
-
Tanya jawab
-
Permainan
F. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Nilai Karakter
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
1. Guru mengucap salam
|
Religius
|
15 menit
|
|
2. Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
|
Religius
|
|||
3. Siswa membaca teks pancasila
|
Nasionalis
|
|||
4. Mengecek kehadiran siswa
|
Integritas
|
|||
5. Guru mengingatkan siswa pelajaran sebelumnya
dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
|
||||
6. Guru menjelaskan cakupan materi dan tujuan
pembelajaran yang akan dipelajari hari ini
|
||||
Kegiatan
Inti
|
7. Siswa
mengamati gambar proses pembuatan garam (mengamati)
|
Mandiri
|
110 Menit
|
|
8. Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang proses pembuatan garam (mengamati)
|
Mandiri
|
|||
9. Siswa
dan guru bertanya jawab tentang perubahan wujud benda saat pembuatan garam
(menanya)
|
Gotong royong
|
|||
10. Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang perbedaan garam beriodium dan garam
biasa
|
||||
11. Siswa
dan guru berdiskusi tentang manfaat dari garam
|
||||
12. Siswa
mengerjakan LK 1
|
Mandiri
|
|||
13. Siswa
membacakan hasil pekerjaannya di depan kelas (mengkomunikasikan)
|
Mandiri
|
|||
14. Siswa
dan guru bertanya awab tentang berapa waktu yang diperlukan petani untuk
memanen garam (menanya)
|
Mandiri
|
|||
15. siswa
mengamati jam yang ada di kelasnya, kemudian siswa disuruh membaca jam berapa
sekarang (mengumpulkan data)
|
Mandiri
|
|||
16. Siswa
mendengarkan guru tentang satuan jam, menit dan detik. (mengamati)
|
Mandiri
|
|||
17. Guru
dan guru berdiskusi tentang hubungan antara jam dengan menit.
|
Gotong royong
|
|||
18. Siswa mengerjakan LK 2
|
Mandiri
|
|||
19. Siswa
membacakan hasil pekerjaannya di depan kelas (mengkomunikasikan)
|
Mandiri
|
|||
20. Siswa
mengamati pakaian yang dikenakan teman dalam satu kelas (mengamati)
|
Mandiri
|
|||
21. Siswa
dan guru berdiskusi tentang pentingnya melipat baju
|
Gotong
royong
|
|||
22. Guru
menunjukan beberapa pakaian kepada siswa
|
||||
23. Guru
meminta siswa maju ke depan untuk mempraktikan cara melipat baju
|
Mandiri
|
|||
24. Siswa
dan guru mengamati hasil lipatan siswa mana yang terbaik
|
Gotong royong
|
|||
25. Siswa mendengarkan penjelasan guru cara melipat
baju yang baik dan rapi. (mengamati)
|
Mandiri
|
|||
26. Setelah
melihat contoh guru cara melipat baju, siswa mempraktikkannya.
|
Mandiri
|
|||
27. Setelah
praktik melipat, guru memperlihatkan teknik melipat cepat dan siswa
mempraktikannya
|
Mandiri
|
|||
Penutup
|
28.
Siswa
dan guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran hari ini
|
15 menit
|
||
29.
Siswa
mengerjakan soal evaluasi.
|
Mandiri
|
|||
30.
Siswa
melakukan refleksi seluruh kegiatan
yang sudah dilakukan selama sehari bersama dengan guru.
|
Gotong royong
|
|||
31.
Pembelajaran
ditutup dengan doa bersama.
|
Religius
|
G. Penilaian
1. Jenis dan Teknik Penilaian
a)
Penilaian
sikap
b)
Penilaian
pengetahuan
c) Penilaian
ketrampilan
2. Instrumen Penilaian
a) Lembar observasi (Pengamatan Sikap)
b) Tes tulis dan lisan
c) Lembar ketrampilan
3. Remidial dan Pengayaan Pembelajaran
Pembelajaran tugas sesuai materi
H. Media,
Alat dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
a. Baju
kaos
b. Garam
c.
Jam
2.
Sumber pembelajaran:
a)
Buku
Guru Kelas 3 Tema 3 SD/MI Tahun 2017
b)
Buku
Siswa Kelas 3 Tema 3 SD/MI Tahun 2017
Guru Kelas
________________________
NIP.
|
Malang,
Guru Praktikan
Dodik Dwi Setyo Budi,S.Pd
|
||||||
Kepala
Sekolah
________________________
NIP.
Silahkan gunakan download Link di bawah ini untuk file RPP lengkap beserta lampirannya. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di kolom komentar, satu saran dari anda sangat berguna untuk Mr.D.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar