RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P )
Satuan
Pendidikan : SDN Sukorame 4
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : III / II
Hari/Tanggal :
Alokasi
Waktu : 2 X 35 menit
A.
Standar
Kompetensi
8. Mengungkapkan
pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana
dan puisi
B.
Kompetensi
Dasar
8.1 Menulis
karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik
C.
Indikator
8.1.1 Mengamati dan mengurutkan gambar seri
8.1.2 Menggunakan tanda hubung (-) untuk menulis kata
ulang
8.1.3 Membuat paragraf yang didalamnya terdapat kata
ulang
D.
Tujuan
Pembelajaran
·
Setelah mengamati
gambar, siswa dapat mengurutkan gambar seri dengan benar
·
Setelah mendengarkan
penjelasan dari guru, siswa dapat menggunakan tanda hubung (-) untuk menulis
kata ulang dengan benar
·
Setelah berdiskusi,
siswa dapat membuat paragraf yang didalamnya terdapat kata ulang dengan tepat
E.
Materi
Ajar
·
Kata ulang
·
Menulis karangan
F.
Pendekatan
dan Metode Pembelajaran
Pendekatan
·
Scientific
Metode
Pembelajaran
·
Ceramah
·
Tanya Jawab
·
Diskusi
·
Penugasan
G.
Media
dan Sumber Belajar
Media
·
Gambar seri
Sumber
belajar
· Sulistiyaningsih,
Mei. 2008. Bahasa
Indonesia Untuk SD/MI Kelas III. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen
Pendidikan Nasional.
· Ismoyo, Romyatun. 2008. Bahasa
Indonesia Untuk SD/MI Kelas III. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen
Pendidikan Nasional.
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Karakter
|
Alokasi
Waktu
|
1.
|
Kegiatan
Awal
·
Siswa mengucapkan
salam
·
Siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan masing-masing
·
Mengecek kehadiran
siswa
·
Apersepsi
·
Guru menyampaikan
garis besar materi
·
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini
|
Religius
Disiplin
Tanggung jawab
|
5 Menit
|
2.
|
Kegiatan
Inti
Ø Eksplorasi
·
Guru bertanya pada
siswa tentang pengertian kata ulang
·
Guru menjelaskan pada
siswa pengertian kata ulang
· Guru memberikan
contoh penggunaan tanda hubung (-) untuk menulis kata ulang
· Guru menyuruh siswa
menulis kata ulang dengan tanda hubung (-) di depan kelas
Ø Elaborasi
·
Guru membagikan Lembar
Kerja Siswa
·
Siswa mengamati gambar
yang ada di Lembar Kerja Siswa
· Guru dan siswa
berdiskusi tentang gambar yang ada di lembar kerja siswa
·
Siswa diberikan
contoh cerita karangan yang di dalamnya terdapat kata ulang
·
Siswa diberikan tugas
unuk menulis karangan berdasarkan pengalamannya sendiri yang di dalamnya
terdapat kata ulang
Ø Konfirmasi
·
Siswa membacakan
hasil karangannya di depan kelas
|
Kerja sama
Disiplin
Tanggung Jawab
Tekun
|
50 Menit
|
3.
|
Kegiatan
Akhir
· Guru bersama dengan siswa membuat kesimpulan atau rangkuman hasil belajar
yang telah dipelajari
·
Guru memberikan soal evaluasi pada siswa
- Siswa berdoa menurut
agama dan kepercayaan masing–masing
·
Guru mengucap salam
|
Religius
Disiplin
Rasa hormat dan perhatian
|
10 Menit
|
H. Penilaian
Prosedur penilaian : Penilaian proses dan penilaian akhir
Tehnik
penilaian : tugas individu
Bentuk
penilaian : tes tertulis
Alat
penilaian : Soal isian
Bermanfaat sekali
BalasHapusSemoga bisa membantu
BalasHapussama-sama
BalasHapus