Jumat, 18 Oktober 2019

Pendakian Tik-tok Puncak Watu Bengkah Gunung Klotok


Pendakian Tik-tok Puncak Watu Bengkah Gunung Klotok
Gunung Klotok 22 September 2019, Gunung Klotok memiliki banyak puncak, tapi yang paling terkenal adalah puncak klop dan watu bengkah. Gunung klotok memiliki ketinggian  536 MDPL, meskipun tidak terlalu tinggi namun gunung klotok memiliki jalur yang cukup curam. Setelah dulu berhasil menaklukan Puncak Klop Gunung Klotok, kali ini Mr.D akan mencoba menaklukan Puncak Watu Bengkah di sebelahnya. Dengan anggota lama mbah dedi dan anggota baru mas pongah, kita akan mencoba menaklukan Puncak Watu Bengkah dengan cara tik-tok.
Pendakian di gunung klotok belum memiliki basecamp, motor bisa parkirkan di warung depan kampus Universitas Kadiri (UNIK). Tempat itu memang sudah biasa digunakan oleh para pendaki untuk menitipkan motor. Puncak Watu bengkah sering digunakan untuk pengibaran bendera merah putih pada tanggal 17 Agustus. Simak vidio pendakiannya di bawah sini.
Parkiran – Pos 1 Proliman 20 Menit
Awal perjalanan jalur yang dilewati masih berupa aspal, dari parkiran ambil jalur yang naik kemudian belok kiri menuju ke daerah warung-warung. Setelah tanjakan kita akan menemui kantong air PDAM, di situ belok kanan dan mulai naik ke atas bukit melewati jalur berbatu. Setelah melewati tanjakan berbatu, jalur yang dilewati akan datar sampai di pos 1 Proliman. Karena pendakian dilakukan saat musim kemarau, kondisi jalur sangat panas dan kering. Keadaan seperti ini membuat tubuh cepat lelah dan dehidrasi, usahakan membawa persediaan air lebih. Informasi penting bagi kalian para penikmat rokok, jangan membuang puntung rokoknya sembarangan karena rawan kebakaran. Dari parkiran sampai di Pos 1 Proliman cukup 20 menit dengan berjalan santai.

jalur-masuk-pendakian.jpg
Jalur Masuk Menuju Ke Hutan
jalur-kering-panas.jpg
Jalur Kering dan Panas
pos-proliman.jpg
Pos 1 Proliman
  Pos 1 Proliman – Puncak Watu Bengkah 1 Jam 20 menit
            Dari sini tujuan kita akan ditentukan, pilih yang ke kanan untuk menuju puncak klop dan ke kiri untuk menuju puncak watu bengkah. Untuk menuju Puncak Watu Bengkah kita ambil jalan yang ke kiri, jalan yang dilalui cukup datar dengan dihiasi sedikit bebatuan kecil. Berjalan 10 kita akan menemukan sungai yang terdapat sumber air, namanya Sumber Tirto Wangi. Sumber air di sini alirannya sangat kecil, kalaupun terpaksa kehabisan air kita bisa mengambil air di sini. 
pos-proliman.jpg
Ambil Arah Kiri Menuju Puncak Watu Bengkah
sumber-tirto-wangi.jpg
Sumber Tirto Wangi

sumber-air.jpg
Sumber Air
           Masih ada 2 sungai kecil lagi yang akan kita lewati, tapi sumber air hanya ada di sungai pertama. Jalur yang dilalui masih  berupa jalan datar yang panas, usahakan untuk melihat tanda di pinggir jalur pendakian karena banyak percabangannya. Setelah 30 menit berjalan kita akan menemui dataran luas yang bisa digunakan untuk tempat istirahat, karena setelah inilah tanjakan tanpa henti akan kita temui hingga sampai di puncak.
sungai-kering2.jpg
Sungai Ke-2
sungai-kering3.jpg
Sungai Ke-3

pos-lapangan.jpg
Tanah Lapang
            Jalur menanjak yang dipenuhi dengan dedaunan memang sangat licin, usahakan berhati-hati saat melangkah agar tidak terpeleset. Di sini fisik terasa terkuras, tanjakan tanpa henti ditambah cuaca yang panas dan kering membuat si mbah dedy protes minta istirahat terus. Di tengah perjalanan menuju puncak kita akan menemui batu yang terbelah menjadi 2 di jalur pendakian, siapa kira-kira yang membelah batu tersebut. Sama seperti di Puncak Klop, sebelum sampai di Puncak Watu Bengkah kita akan melewati hutan bambu terlebih dahulu. 
jalur-licin.jpg
Daun Kering Rawan Membuat Terpeleset
watu-belah.jpg
Watu Belah
hutan-bambu.jpg
Hutan Bambu Sebelum Puncak
 Dari pos 1 sampai di Puncak cukup 1 Jam 20 menit dengan berjalan santai plus banyak istirahatnya. Dari puncak kita bisa melihat pemandangan Kota Kediri dengan jelas karena tidak ada pohon yang menghalangi pandangan. Kita juga bisa melihat Bukit Maskumambang yang terlihat begitu kecil di bawah sana.

puncak-watu-bengkah.jpg
Puncak Watu Bengkah
view-kota-kediri.jpg
Pemandangan Kota Kediri dan Puncak Maskumambang

squad-kukuruyuk.jpg.
Squad Kukuruyuk Yang Takut Lapar

 Ittenary Pendakian Puncak Watu Bengkah Gunung Klotok

Parkiran – Pos 1 (Proliman)                            : 20 Menit
Pos 1 (Proliman) – Puncak                              : 1 Jam 20 Menit
Perlu dicoba, pendakian ke Puncak Watu Bengkah Gunung Klotok hanya 1 Jam 40 menit. Kita sudah bisa sampai puncak sekalian menikmati pemandangan kota kediri dari atas ketinggian.

Perjalanan turun hanya membutuhkan waktu 55 Menit. Waktu pendakian ini berdasarkan pengalaman Mr dowdiex pribadi, jadi soal lebih cepat atau lambatnya waktu pendakian tergantung kondisi fisik masing-masing dan lamanya beristirahat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar